Blogger Jateng

Kondisi Geografi, Iklim dan Topografi Greenland

Pernahkah kamu mendengar pulau Greenland?. Itu lho pulau yang ada di utara peta lazimnya pulaunya besar. 

Apa sih yang menarik dari Greenland dan bagaimana sejarahnya pulau ini bisa dihuni?. Greenland terletak diantara Samudera Atlantik dan Arktik walaupun secara teknis masih ialah bagian dari benua Amerika Utara. 

Secara historis Greenland terkait dengan negara-negara Eropa mirip Denmark dan Norwegia. Saat ini Greenland dianggap selaku wilayah independen dalam Kerajaan Denmark.
Menurut lokasi wilayahnya, Greenland ialah pulau terluas di dunia dengan total 2.166.086 km persegi. Namun Greenland tidak dimasukan dalam klasifikasi benua karena luas dan populasinya yang kecil yakni hanya 56.186 jiwa saja. Greenland juga menjadi negara dengan jumlah penduduk paling jarang di dunia.
Kota terbesar di Greenland, Nuuk yang menjadi ibukota negara tersebut juga merupakan salah satu kota terkecil di dunia dengan populasi cuma 17.036 pada 2017. 

Semua kota di Greenland dibangun di sepanjang garis pantai sejauh 27.394 mil alasannya adalah pantai merupakan kawasan yang bebas es. Sebagian kota-kota ini juga berdiri di pantai barat sebab di sisi timur merupakan serpihan dari Northeast Greenland National Park.
Pernahkah kamu mendengar pulau Greenland Kondisi Geografi, Iklim dan Topografi Greenland
Pemukiman di pantai Greenland
Sejarah Pulau Greenland Greenland diperkirakan sudah dihuni pada kurun pra sejarah oleh sekelompok kaum Paleo-Eskimo. Namun pengamatan arkeologi modern memperlihatkan Inuit masuk ke Greenland pada 2500 SM dan tidak hingga 986 M pemukiman dan eksplorasi bangsa Eropa, Norwegia dan Islandia masuk ke pantai barat Greenland.
Pemukiman pertama ini alhasil diketahui selaku Norse Greenlanders dan mereka secara resmi nih diambil alih oleh Norwegia pada era ke 13 dan pada abad yang serupa Norwegia masuk dalam persemakmuran Denmark yang secara efektif mengawali korelasi Greenland dengan negara-negara tersebut.
Di tahun 1946 Amerika Serikat memperlihatkan diri untuk berbelanja Greenland dari Denmark namun ditolak. Pada tahun 1953 Greenland secara resmi menjadi kepingan Kerajaan Denmark dan secara resmi menunjukkan kekuasaan penyelenggaraan negara di tahun 1979. 

Di tahun 2008 referendum terjadi di Greenland dan pada 2009 Greenland secara sarat mengatur pemerintahan, aturan, sumber daya alam dan penduduk Greenland diakui selaku suatu budaya terpisah meksipun Denmark masih mengendalikan pertahanan dan persoalan mancanegara Greenland. 

Kepala negara Greenland adalah Ratu Denmark Margrethe II namun perdana menterinya yakni Kim Nielsen.
Kondisi Geografi, Iklim dan Topografi Greenland Karena garis lintang yang tinggi maka Greenland punya iklim Arktik dan Sub Arktik dengan berita terkini panas yang acuh taacuh dan musim cuek yang sangat hambar. Contohnya di Nuuk, rata-rata suhu terendah adalah Januari dengan -10⁰ C dan rata-rata suhu tertinggi di Juli ialah 9,9⁰ C. 

Dengan suhu ekstrim ini maka praktik pertanian sungguh sedikit dikerjakan dan sebagian besar produknya yaitu sayuran hija, sayuran rumah beling, peternakan domba, rusa, ikan dan hasil bahari lain. Sebagian besar kebutuhan Greenland bersumber dari impor.
Topografi Greenland sebagian besar datar tetapi ada beberapa pegunungan sempit dengan titik tertinggi 12.139 kaki. Sebagian besar wilayah Greenland ditutupi lapisan es dan dua per tiga dari negara ini mengalami permafrost.
Lapisan es raksasa di permukaan Greenland penting untuk menyaksikan perubahn iklim dan tempat ini menjadi terkenal untuk kalangan ilmuwan yang melaksanakan pekerjaan mengebor inti es untuk melihat perubahan iklim bumi periode ke masa. Banyaknya tutupan es juga akan memiliki imbas pada kenaikan level air bahari jikalau terus mencair.
Gamabr: disini