Blogger Jateng

Contoh Konsep Geografi Morfologi atau Bentuk Muka Bumi

Sebelumnya kita sudah belajar 3 rancangan geografi ialah lokasi, jarak dan keterjangkauan. Kali ini kita akan coba bahas tentang ihwal desain morfologi. 

Morfologi dalam geografi yaitu bentuk permukaan bumi. Bentuk permukaan bumi ini bermacam-macam sekali guys dan terus bertambah dari kurun ke kurun.

Ada dua tenaga yang membuat morfologi permukaan bumi ini mampu beragam yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen.
Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga endogen ini bersifat membangun struktur permukaan bumi. Yang termasuk tenaga endogen yakni vulkanisme, tektonisme dan seisme. 

Sebenarnya semua fenomena tadi berasal dari aktivitas magma. Vulkanisme menciptakan beberapa morfologi seperti kaldera, gunung api, batolit dan lakolit. 

Tektonisme bekerjasama dengan gerakan lempeng tektonik dan terbagi menjadi orogenesa dan epirogenesa. Baca juga: Contoh, pengertian desain pola
Orogenesa adalah proses pembentukkan pegunungan sememtara epirogenesa yakni proses pembentukan daratan benua. Seisme berhubungan dengan gempa yang mampu menimbulkan kerusakan di atas permukaan bumi. 

Gempa yang paling kuat yaitu gempa tektonik. Gempa tektonik banyak terjadi di batas lempeng konvergen atau di zona subduksi.
 Kali ini kita akan coba bahas tentang tentang konsep morfologi Contoh Konsep Geografi Morfologi atau Bentuk Muka Bumi
Kawah meteorit hasil tumbukan benda abnormal
Tenaga eksogen ialah tenaga yang berasal dari luar dan bersifat menghancurkan atau merombak struktur yang telah ada. Yang termasuk tenaga eksogen yakni pengikisan, sedimentasi, pelapukan dan tenaga ekstaterestrial. 

Penyebab erosi mampu oleh pertolongan air, angin, es dan gravitasi. Erosi ini yakni upaya bumi untuk menyeimbangkan diri sehingga kita memerlukan erosi. Erosi membuat permukaan bumi makin beragam dari satu daerah ke tempat lainnya. 

Hasil aktivitas eksogen diantaranya meander, delta, batu jamur, tombolo, morena dan gumuk pasir. Tenaga ekstraterestrial yakni tenaga yang bersumber dari benda gila mirip meteor. 

Meteor yang mengantam bumi akan menciptakan cekungan mirip kawah Arizona di Amerika Serikat. Baca juga: Contoh desain aglomerasi
Jadi kesimpulannya morfologi permukaan bumi beragam. Dalam soal UN pola kalimat yang menyatakan desain morfologi ialah selaku berikut: - Wilayah Bandung didominasi dataran tinggi. - Gunung Ciremai berada di ketinggian 3.500 mdpl.

Baca juga: Rangkuman bagian hakikat, rancangan geografi
Gambar: disini