Blogger Jateng

Contoh Konsep Geografi Interaksi Wilayah

Belajar geografi pasti tentu saja akan membahas ihwal kawasan. Wilayah adalah sebuah kawasan yang punya kenampakan khas dan mampu dibedakan dengan daerah lain. 

Ada banyak kawasan di permukaan bumi ini dan yakin atau tidak setiap daerah ini berinteraksi satu sama lain lho!. 

Sama halnya mirip manusia, daerah di permukaan bumi juga berinteraksi. Makara interaksi daerah ialah kekerabatan timbal balik antar wilayah. 
Mengapa mampu terjadi interaksi wilayah?. Kita diskusikan dalam artikel ini. Sebuah wilayah tentu saja memiliki peluangbaik kesempatanfisik maupun kesempatannon fisik. 

Potensi ini yang menciptakan kawasan mampu berkembang dengan adanya pembangunan daerah. Lalu apa syarat terjadinya interaksi kawasan?. 

Minimal ada dua syarat interaksi yaitu adanya daerah yang saling melengkapi alasannya adalah perbedaan sumber daya dan adanya sarana prasarana penunjang. Baca juga: Contoh desain aglomerasi
Belajar geografi tentu pastinya akan membahas tentang wilayah Contoh Konsep Geografi Interaksi Wilayah
Pembangunan fasilitas angkutanmemperlancar interaksi wilayah
Interaksi daerah menciptakan suatu kawasan bisa meningkat pesat namun bisa juga meningkat ke arah kehancuran. Interaksi yang terus menerus maka akan menciptakan interdependensi atau ketergantungan. 

Ketergantungan menimbulkan kalau sedikit saja pasokan barang dan jasa menyusut maka akan terjadi permasalahan dalam kawasan tersebut. Interaksi kawasan kian pesat seiring perkembangan teknologi angkutandan telekomunikasi. 

Di kurun kemudian insan bisa berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain dengan jalan kaki atau menggunakan hewan seperti kuda dan unta. Lambat laun peradaban manusia meningkat , lalu muncullah roda, mesin dan sekarang banyak sekali macam transportasi yang cepat dan efisien. 

Pergerakan barang dan jasa dari satu wilayah ke daerah lain semakin cepat membuat jarak dan waktu kini makin tak memiliki arti.
Saat ini pembangunan infrastruktur khususnya jalan semakin pesat di Indonesia dengan tujuan supaya memperlancar arus mobilitas. 

Dampak yang akan diperoleh yaitu lahirnya kutub-kutub kemajuan gres sehingga penduduk tidak lagi berpusat untuk mencari kehidupan di kota besar yang padat mirip Jakarta dan sekitarnya. Baca juga: Contoh desain geografi acuan
Gambar: disini