Blogger Jateng

Ancaman Indonesia di Bidang Ipolesosbudhankam

Ancaman ialah sesuatu yang membahayakan sehingga harus diantisipasi sedini mungkin. 

Bangsa Indonesia yang telah berdiri selama lebih dari 70 tahun saat ini tengah dihantui banyak sekali bahaya di bidang ipolesosbudhankam (ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya dan keamanan). Apa saja ancaman tersebut?. 
Ancaman adalah sesuatu yang membahayakan sehingga harus diantisipasi sedini mungkin Ancaman Indonesia di Bidang Ipolesosbudhankam
Demo anarki bukti penduduk telah stress
1. Bidang Ideologi Saat ini kondisi penduduk makin panas dan berbagai paham radikal mulai menyerang Pancasila. Upaya-upaya dijalankan segelintir orang atau kalangan untuk mengubah dasar negara Pancasila sehingga ini mengancam keutuhan bangsa. 

Masyarakat yang terpengaruh paham radikal mulai menyusun kekuatan untuk menumbangkan Pancasila yang sudah menjadi konsensus para founding father Indonesia.
2. Bidang Politik Situasi politik yang memanas membuat Indonesia kini terancam perpecahan. Partai politik saling sikut, menjangkau simpati, menghalalkan segala cara demi pahlawan mereka di pilkada atau pilpres. 

Berbagai bahaya positif yang mungkin terjadi ialah adanya perselisihan antara golongan penduduk alasannya adalah berlawanan persepsi politik. Media massa juga seolah menjadi alat perang politik sehingga penduduk juga terpengaruh oleh hasutan media.
3. Bidang Ekonomi Di era globalisasi ini permintaan keperluan hidup makin tinggi namun kondisi kesejahteraan masyarakat masih jauh di bawah rata-rata. 

Hal ini menjadi bahaya faktual bagi Indonesia alasannya tidak mampu merealisasikan amanah sila kelima Pancasila. 

Jika ini dibiarkan maka angka kemiskinan akan semakin besar dan kemiskinan adalah pangkal mula semua bentuk kejahatan.
4. Bidang Sosial Budaya Budaya-budaya setempat kini kian luntur oleh arus globalisasi dan westernisasi. Sifat-sifat luhur penduduk Indonesia mulai hilang dan berubah dengan sifat brutal, anarki dan liberal. 

Saat ini kita lebih sering gampang terprovokasi dan gampang digiring opini yang belum niscaya benar. Siswa sekolah sekarang sering banyak tawuran, tamat ujian kemudian coret-coret dan melaksanakan kebrutalan. Ini ialah bahaya serius bagi generasi muda Indonesia.
5. Bidang Keamanan Di bidang pertahanan keselamatan, saat ini masih banyak golongan separatis yang menyerang kedaulatan Indonesia. 

Mereka masih ingin memisahkan diri dari Indonesia. Selain itu konflik batas daerah dengan negara tetangga juga sering memanas dan menjadikan ketegangan politik. Jika tidak diselesaikan maka ini mengancam keutuhan NKRI di kurun depan.