Blogger Jateng

7 Fakta Ilmiah Tentang Fungi/Jamur

Pernahkah kamu makan jamur?. Bagaimana rasanya?. Atau pernahkah kamu melihat jamur tumbuh di dinding rumah, pohon atau tempat lainnya?. 

Jamur yakni organisme eukariotik yang diklasifikasikan ke dalam Kingdom mereka sendiri adalah Fungi. Dinding sel fungi mengadung kitin, polimer yang mirip dalam struktur glukosa. 

Tidak seperti tanaman kebanyakan, jamur gak punya klorofil sehingga tidak bisa membuat masakan sendiri. 

Jamur ini guys biasa mendapatkan nutrisi dari penyerapan. Mereka melepaskan enzim pencernaan ke lingkungan yang membantu proses ini. 

Jamur ini ada banyak sekali macamnya di dunia guys, dan ada fakta-fakta menawan wacana jamur yang harus kau pahami khususnya dalam bidang kedokteran. Berikut 7 fakta wacana fungi yang harus kau tahu:
 Atau pernahkah kamu melihat jamur tumbuh di dinding rumah 7 Fakta Ilmiah Tentang Fungi/Jamur
Jamur bercahaya di malam hari
1. Jamur dapat mengobati penyakit Kita sudah tahu ihwal antibiotik yang dinamakan penicillin bukan?. Tahukah anda bahwa antibiotik ini dihasilkan dari jamur?. 

Pada 1929 seorang dokter di Inggris menulis sebuah makalah tentang apa yang ia sebut selaku penicillin yang berasal dari jamur Penicillium notatum (kini dikenal Penicillium chrysogenum). 

Ia mempunyai kesanggupan untuk membunuh bakteri. Penemuan dan penelitiannya sungguh besar lengan berkuasa pada pengembangan antibiotik di dunia dan berjasa dalam menyelamatkan nyawa jutaan manusia.
2. Jamur dapat meninmbulkan penyakit Banyak penyakit juga mampu dihasilkan dari jamur ini guys misalnya kurap dan panu. Panu dan kurap biasa timbul di kulit dan mengakibatkan gatal-gatal guys.
3. Jamur penting bagi lingkungan Fungi memainkan peranan penting bagi lingkungan utamanya siklus nutrisi. Jamur yakni salah satu pengurai utama bahan organisme yang mati. 

Tanpa jamur, dedaunan, pohon mati dan materi organik lain yang badan di hutan tidak akan menerima nutrisi yang diharapkan. 

Contohnya nitrogen yakni komponen penting yang dihasilkan oleh jamur dikala mendekomposisi bahan organik.
4. Jamur mampu hidup usang Tergantung keadaan lingkungan, banyak jamur hidup dalam waktu usang dan banyak sekali jenis dapat berkembang dan hidup tidak aktif selama beberapa tahun hingga puluhan tahun.
5. Jamur mempunyai racun Beberapa jamur itu beracun guys dan beberapa sungguh beracun sampai bisa menimbulkan kematian eksklusif pada hewan dan insan. Jamur mematikan sering mengandung zat yang diketahui selaku amatoxins. 

Amatoxins lazimnya sangat baik dalam menghalangi  RNA polimerase II. Tanpa polimerase II metabolisme sel akan berhenti.
6. Jamur dapat mengatur hama Beberapa spesies jamur mampu menekan pertumbuhan serangga dan nematoda yang bisa menimbulkan kerusakan pada tumbuhan pertanian. Biasanya jamur yang bisa mempunyai kesanggupan ini yakni belahan dari golongan yang disebut hpphomycetes.
7. Jamur yaitu organisme paling besar yang hidup di bumi Jamur yang dikenali selaku jamur maduadalah organisme hidup paling besar di planet ini. Ia diyakini berusia 2400 tahun dan mencakup lebih dari 2.000 hektar. Yang menariknya, ia membunuh pepohonan ketika dia menyebar.
Fakta lain menerangkan bahwa jamur mampu dipakai untuk menciptakan asam sitrat yang  digunakan dalam pengerjaan minuman. Beberapa jamr juga bisa menghasilkan cahaya sendiri atua bioluminescent yang bersinar dalam gelap. 

Mungkin masih banyak jenis jamur yang belum diteliti dan masih menjadi misteri bagi insan.  
Gambar: disini