Blogger Jateng

Variasi kepadatan penduduk antar kabupaten di Pulau Jawa atau Kalimantan disebabkan oleh

Oke pribadi saja kali ini aku akan bahas lagi terkait soal SBMPTN Geografi 2017 nomor 5. Simak baik-baik dan tetap semangat.
5. Variasi kepadatan masyarakatantar kabupaten di Pulau Jawa atau Kalimantan disebabkan oleh .... a. pertumbuhan ekonomi b. perkembangan penduduk c. perbedaan luas wilayah d. rasio gini penduduk e. mobilitas penduduk
Oke langsung saja kali ini saya akan bahas lagi terkait soal SBMPTN Geografi  Variasi kepadatan penduduk antar kabupaten di Pulau Jawa atau Kalimantan disebabkan oleh
Peta kepadatan penduduk Indonesia
Kepadatan masyarakatialah suatu fenomena yang tekait dengan bertambahnya populasi masyarakatpada sebuah wilayah. 

Ini berhubungan dengan kuantitas penduduk. Kota-kota di Indonesia mempunyai kepadatan yang berlawanan dan hal ini pasti disebabkan oleh aspek perkembangan ekonomi kawasan tersebut. Jika suatu tempat itu berkembang pesat maka pasti akan menarik masyarakatdari luar daerah untuk tiba dan mengadu nasib disana. 

Dampak lainnya yaitu kepadatan penduduk kian berkembangdari tahun ke tahun. Lihat saja Jabodetabek yang semakin hari kian padat oleh kaum urban.
Ingat prinsip ada gula ada semut. Penduduk yang banyak yaitu sumber adanya uang karena pasti ada banyak keperluan hidup berputar disana mulai dari keperluan sandang, pangan dan papan. 

Inilah persoalan yang dihadapi Indonesia dari sisi kuantitas penduduk adalah ketidamerataan pembangunan dan penduduk. Mayoritas penduduk Indonesia berada di Jawa sementara pulau yang lain masih belum begitu padat.
Gambar: disini