Blogger Jateng

Upaya mengatasi kekurangan air di daerah perbukitan karst dilakukan dengan penggunaan

Oke teman-sahabat kali ini saya akan coba bahas lagi soal SBMPTN Geografi nomor 2. Silahkan disimak, dipelahari dan jangan malas membaca.
1. Upaya mengatasi kekurangan air di tempat perbukitan karst atau gamping dilaksanakan dengan penggunaan .... a. teknologi biopori dan sumur bor b. bak penampungan dan revitalisasi dolina c. sumur bor dan revitalisasi dolina d. bak penampung dan terusan irigasi e. jalan masuk irigasi dan teknologi biopori
teman kali ini saya akan coba bahas lagi soal SBMPTN Geografi nomor  Upaya mengatasi kekurangan air di daerah perbukitan karst dilakukan dengan penggunaan
Perbukitan karst
Karst atau kapur atau gamping ialah sebuah bentukkan alam yang dihasilkan dari endapan watu koral yang ter angkat oleh gaya tektonik sampai muncul ke daratan. 

Bentang alam karst ini sangat unik sobat karena memiliki ciri khas yakni sering terjadi kekeringan. Mengapa kawasan karst sering kekeringan?. 

Karena tempat karst itu mempunyai tingkat porositas yang tinggi sehingga ketika air itu jatuh ke permukaan tanah, maka ia akan langsung masuk menyerap ke dalam tanah sampai ke metode terusan air bawah tanah. 

Makara pada dasarnya di kawasan karst itu banyak air, namun lokasinya jauh di bawah permukaan. Nah ini yang menjadi dilema bagi manusia.
Makara penyelesaian paling berafiliasi untuk menanggulangi kekeringan di daerah karst berdasarkan aku ialah dengan menciptakan kolam penampung dan terusan irigasi. 

Bak penampung ini dimaksudkan agar ketika hujan air bisa tertampung dan tidak meresap ke dalam tanah kapur. Setelah bak penampungan penuh maka air akan didistribusikan melalu akses pipa irigasi ke tempat tinggal-rumah penduduk. Kaprikornus jawabannya ialah d berdasarkan saya.
Gambar: disini