Blogger Jateng

SBMPTN Geografi: Erosi tanah di Parangtritis yang membentuk cekungan antar gumuk pasir adalah

Halo sahabat-sobat sekalian, sudah siap untuk menghadapi SBMPTN esok?. Kalau belum siap yuk berguru lebih giat lagi. 

Kali ini saya akan coba bahas soal SBMPTN Geografi 2017 Nomor 1. 
1. Erosi tanah di Parangtritis yang membentuk cekungan antar gumuk pasir adalah .... a. erosi b. ablasi c. deflasi d. eksarasi e. korosi
 sudah siap untuk menghadapi SBMPTN esok SBMPTN Geografi: Erosi tanah di Parangtritis yang membentuk cekungan antar gumuk pasir adalah
Gumuk pasir di Parangtritis
Erosi pada dasarnya adalah proses pengangkutan zat entah itu tanah, bubuk, batuan, watu dan yang lain dari satu tempat ke tempat lain. 

Nah ada beberapa jenis abrasi guys dan setiap jenis erosi ini akan menghasilkan bentukkan yang berbeda. Soal no 1 di atas mengambarkan tentang jenis erosi menurut tenaga pembentuknya.
Abrasi ialah erosi yang disebabkan oleh tenaga gelombang air laut. Jadi erosi itu terang berada di dekat pantai ya guys. Jika kau pergi ke pantai niscaya sering lihat bibir pantai yang hancur terkikis air laut bukan?.
Ablasi yakni abrasi yang disebabkan oleh tenaga air (tawar) di daratan. Contoh ablasi alah terbentuknya meander, gosong pasir hingga delta.
Deflasi yakni erosi yang disebabkan oleh tenaga angin yang menerbangkan partikel mirip bubuk dan pasir kemudian mengendap di suatu daerah. Contoh fenomena deflasi yakni gumuk pasir.
Eksarasi yakni abrasi yang disebabkan oleh tenaga es alias gletser guys. Biasanya ini terjadi di pegunungan mirip Alpen dan Puncak Jaya. Contoh fenomena akhir eksarasi adalah morena.
Korosi adalah abrasi yang disebabkan tenaga angin kemudian angin ini menabrak satu formasi seperti batuan sehingga batuan terkikis. Hasil kikisan itu membentuk fenomena mirip kerikil jamur.
Jadi tanggapan no satu diatas jelas adalah deflasi. Gambar: disini