Blogger Jateng

Contoh Konsep Geografi Lokasi Absolut dan Relatif

Teman-sobat sekalian dalam mempelajari geografi tentu kita akan menerima banyak sekali macam ungkapan-perumpamaan bukan?. 

Untuk membuat lebih mudah mempelajari perumpamaan tersebut maka kalian harus memahami desain geografi. Konsep geografi yakni suatu ungkapan yang menyatakan suatu fenomena dan mempunyai arti geografi. 

Ikatan Geograf Indonesia sudah memutuskan terdapat 10 rancangan geografi dan rancangan pertama adalah lokasi. Ya, kali ini kita akan berguru tentang desain lokasi terlebih dahulu. 

Baca juga: Rangkuman bagian hakikat, desain geografi
Belajar geografi maka hal pertama yang harus ketahui tentu adalah perihal lokasi. Lokasi ini terbagi dua ialah lokasi adikara atau mutlak dan lokasi relatif. 

Lokasi otoriter adalah lokasi yang menurut posisi koordinat lintang dan bujur (astronomis). Garis lintang dan bujur merupakan garis imajiner yang dibuat untuk memilih posisi atau lokasi suat objek dengan pasti. 

Konsep lokasi sewenang-wenang juga mampu dilihat berdasarkan posisi objek berdasarkan alamat pos. Kaprikornus bagaimana cara membuat kalimat yang menyatakan konsep lokasi otoriter?. Lihat di bawah ini misalnya:
" Indonesia terletak di 6 LU - 11 LS dan 95 Bt - 141 BT" " Rumah aku beralamat di Jl. Bangau Blok D no 4 Kelurahan Cikarang Bekasi Utara"
teman sekalian dalam mempelajari geografi tentu kita akan menemukan berbagai macam istilah Contoh Konsep Geografi Lokasi Absolut dan Relatif
Membedakan lokasi absolut dan relatif
Konsep lokasi yang kedua ialah lokasi relatif. Lokasi relatif ini dilihat berdasarkan keadaan lingkungan sekitarnya makanya disebut relatif. 

Kaprikornus bagaimana suatu objek dilihat berdasarkan segala sesuatu disekelilingnya. Contoh kalimat lokasi relatif bisa dilihat di bawah:
" Rumah saya jauh ke stasiun KRL tetapi dekat ke pasar " " Indonesia berada diantara dua benua (Asia, Australia) dan dua samudera (Pasifik dan Hindia) " " Saat upacara barisan kelas XI Sosial berada diantara kelas X Sains dan XII Sains "
Bagaimana, gampang bukan?. Jangan lupa terus berlatih ya membuat kalimat-kalimat yang menyatakan desain lokasi. 

Di soal UN pasti ada soal ini dan kamu harus mampu menjawabnya. Jangan lupa like blog aku dan subscribe channel ILMUGURU di youtube untuk dapatkan pembahasan bahan geografi lengkap. 

Baca juga: Kunci penilaian erlangga bagian desain geografi