Blogger Jateng

3 Unsur Konstitutif Negara

Negara ialah sebuah organisasi yang memiliki pemerintahan sendiri. Lalu apa saja unsur konstitutif suatu negara?. 

Unsur konstitutif negara itu ialah komponen yang menentukan ada atau tidaknya suatu negara. Makara negara itu wajib memiliki bagian ini. 
a. Penduduk Tetap Coba sebutkan dimana negara yang gak punya penduduk?. Negara dibentuk oleh insan untuk memenuhi dan meraih kebutuhan bareng . Dalam konteks kehidupan negara, sebutan untuk manusia ada bermacam-macam. 

Ada yang menyebutnya penduduk, rakyat atau warga negara. Penduduk yaitu sekelompok orang yang mendiami suatu kawasan tertentu dalam jangkwa waktu tertentu yang ditetapkan oleh undang-undang. 

Setiap negara mempunyai masyarakatdan kekuasaan negara meraih semua penduduk di dalam daerahnya.
Austin Ranney menggolongkan penduduk suatu negara ke dalam dua yakni warga negara dan orang aneh. Warga negara yaitu orang-orang yang mempunyai kedudukan resmi sebagai anggota sarat suatu negara. 

Mereka memberikan kesetiaannya terhadap negara itu, mendapatkan pertolongan darinya serta menikmati hak untuk ikut serta dalam proses politik mirip pemilu.
Orang gila iadalah orang-orang yang untuk sementara atau tetap bermukim di negara tertentu tetapi tidak berkedudukan selaku warga negara guys. 

Mereka yaitu warga negara lain yang dengan izin pemerintah lokal menetap di negara yang bersangkutan. 

Perbedaan lainnya setiap warga negara punya hubungan tidak terputus dngan negaranya meski yang bersangkutan sudah bertempat tinggal di mancanegara selama beliau tidak menetapkan kewarganegaraannya. 

Di segi lain orang asing hanya punya kekerabatan dengan negara dimana ia tinggal sejauh dia masih tinggal di negara itu.
b. Wilayah Sebuah negara harus punya kawasan, jikalau tidak terus dimana penduduknya akan tinggal dan menetap?. Wilayah sebuah negara dibagi menjadi kawasan daratan, lautan dan udara. Tidak semua negara punya 3 jenis kawasan tersebut. 

Ada negara yang hanya punya daratan dan udara saja mirip Swiss dan ada yang punya semuanya seperti Indonesia kita tercinta. Namun tidak semua negara yang punya ketiga jenis daerah tersebut bisa maju pesat. 

Batas-batas suatu wilayah negara umumnya ditentukan melalui traktat atau kesepakatanantar negara yang saling memiliki batas . Batas lautan ialah batas yang paling banyak terjadi sengketa alasannya sulit dikenali dan disepakati bareng .
Negara merupakan suatu organisasi yang memiliki pemerintahan sendiri 3 Unsur Konstitutif Negara
Suasana aktivitas pemerintah di istana negara
c. Pemerintah Berdaulat Pemerintah yaitu sekelompok manusia atau lembaga yang membuat dan melakukan hukum-aturan bagi warga negara. Pemerintah suatu negara mempunyai kedaulatan ke dalam dan keluar. 

Kedaulatan ke dalam artinya memiliki kekuasaan penuh dalam mengendalikan dan melakukan hukum di negara yang bersangkutan. Kedaulatan ke luara artinya memiliki kedaulatan yang sederajat dengan negara-negara lain sehingga bebas dari campur tangan negara lain.