Blogger Jateng

Pengertian Sumber Daya Alam Terestrial, Marine dan Manfaatnya

Halo teman-sobat sekalian, gimana kabarnya nih?. Semoga baik-baik saja dan selalu produktif. Oke kali ini saya akan sedikit memberikan penjelasan wacana materi sumber daya alam. 

Sumber daya alam merupakan anugerah Allah berbentuksegala hal di bumi ini yang mampu dimanfaatkan untuk kesejahteraan hidup mahluk terutama insan. 

Sumber daya alam mampu diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis. Kali ini aku akan bahasa penjabaran SDA berdasarkan lokasi keterdapatannya.
Sumber daya alam berdasarkan lokasi keterdapatannya dibagi menjadi sumber daya alam terestrial dan marine. Sumber daya alam terestrial yaitu sumber daya alam yang lokasinya ada di daratan. 

Sementara sumber daya alam marine yaitu sumber daya alam yang lokasinya terdapat di daerah perairan. Kita akan coba bahasa satu persatu. Baca juga: Faktor hadirnya fosil di batuan
Sumber Alam Terestrial 1. Batubara Batu bara berasal dari endapan hutan karbon jutaan tahun kemudian dan mengalami pengutamaan dan perubahan wujud. Batubara dipakai untuk materi bakar atau energi di banyak sekali industri. Di Indonesia, endapan batu bara banyak ditemukan di Sumatera dan Kalimantan. 2. Emas, Intan, Perak Emas, Intan dan Perak adalah salah satu bahan galian yang berguna untuk perhiasan atau materi konduktor listrik. Emas dan perak di Indonesia banyak ditemukan diantaranya di Sumatera, Papua dan Nusa Tenggara. Intan banyak terdapat di Martapura Kalimantan Selatan. 3. Tembaga Tembaga yaitu bahan galian yang banyak digunakan di industri. Tembaga sering digunakan untuk bahan pembuatan kabel atau banyak sekali macam alat dapur dan yang lain. Tembaga banyak terdapat di Papua.  4. Aspal Aspal merupakan materi pelapis jalan raya dan banyak ditemukan di Pulau Buton Sulawesi Tenggara.  5. Bauksit Bauksit ialah materi dasar dari logam alumunium. Alumunium sering digunakan untuk rangka pesawat dan alat-alat dapur. 6. Kapur dan Marmer Kapur ialah bahan galian yang berasal dari koral yang terangkat ke daratan. Kapur banyak digunakan untuk bahan dasar semen. Kapur bisa berubah wujud menjadi kerikil marmer yang sering digunakan untuk ornamen rumah. 7. Hutan Hutan menawarkan aneka macam macam kebutuhan mulai dari kayu hingga bahan kuliner. 8. Hewan Ternak Hewan ternak banyak dibudidayakan di daratan mirip sapi, kambing, ayam, angsa dan domba.   9. Pertanian Pertanian yang dikerjakan di daratan bermacam-macam mulai dari padi, palawija, teh, sayuran hingga buah-buahan.
 Oke kali ini saya akan sedikit memberikan penjelasan tentang materi sumber daya alam Pengertian Sumber Daya Alam Terestrial, Marine dan Manfaatnya
Tambak garam bahari
Sumber Daya Alam Marine 1. Minyak dan Gas Endapan minyak dan gas selai terdapat di daratan, juga banyak timbul di bawah lautan. Kita bisa lihat banyak kilang minyak lepas pantai dibangun. Daerah penghasil minyak dan gas di Indonesia diantaranya Bontang, Sorong, Dumai dan Balongan.  2. Terumbu Karang Terumbu karang banyak terdapat di zona neritik yang masih kaya sinar matahari. Terumbu yakni rumah banyak sekali macam hewan bahari mulai dari udang, kerang, kuda bahari, ikan badut hingga penyu.  3. Mutiara Mutiara sering dibudiayakan dengan cara ditanam di dalam kerang. Budidaya mutiara di Indonesia banyak dilaksanakan di Ambon Maluku.  4. Rumput Laut Rumput bahari banyak dibudidayakan di daerah pantai dengan arus hening seperi Pantura. Rumput laut digunakan selaku materi dasar masakan, industri kosmetik dan obat.  5. Timah Timah adalah sumber daya alam yang ada di lautan dalam bentuk sedimen. Tambang timah di Indonesia ada di Bangka Belitung. Timah digunakan untuk materi dasar industri alat rumah tangga hingga untuk materi konduktor listrik.  6. Ikan Laut Ikan-ikan bahari yang berguna bagi insan diantaranya kakap, sarden, udang, lobster, cumi hingga sotong.  7. Garam Garam berasal dari kristalisasi air bahari. Tambak-tambak garam di Indonesia banyak terdapat di Madura. 

Baca juga:
Genesa bahan galian di dalam bumi
Tips menghadapi UN biar gak deg degan
Gambar: disini