Blogger Jateng

Pengertian Potensi Sosial Wilayah Indonesia

Potensi fisik jikalau diimbangi dengan kesempatansosial jelas tidak akan mengakibatkan suatu negara yang handal. 

Indonesia ketika ini menempati urutan keempat dalam hal jumlah populasi paling besar di dunia, dibawah China, India dan AS. 

Ini merupakan salah satu potensi sosial dalam hal kuantitas penduduk. Lalu apa saja peluangsosial lain yang Indonesia miliki saat ini dan mampu menjadi pendukung pembangunan?.
a. Persebaran dan Kualitas Penduduk Indonesia Persebaran penduduk Indonesia ketika ini masih belum merata dan terfokus di Pulau Jawa. Menurut data 2013, DKI Jakarta memiliki kepadatan penduduk tertinggi di Indonesia yaitu lebih dari 15.234 jiwa/km persegi dan kepadatan penduduk terenah adalah di Papua Barat yakni 8-9 jiwa/km persegi.
Indonesia ketika ini memiliki jumlah masyarakatyang besar, sekitar 237 juta jiwa. Penduduk usia produktif (15-64 tahun) sekitar 45% dan akan terus meningkat hingga 2025. 

Penduduk usia produktif memiliki peluangbesar bagi pembangunan namun hal ini harus diiringi dengan kualitas penduduk yang cantik. Kualitas penduduk dipengaruhi oleh tiga aspek berikut:
1. Pendidik Semakin tinggi tingkat pendidik, maka kian tinggi pula mutu usmber daya insan yang dimiliki. Indikatornya adalah tingkat buta huruf. 2. Kesehatan Kondisi gizi sungguh besar lengan berkuasa pada contoh pikir, katahanan mencar ilmu dan kreatifitas seseorang. Angka maut bayi bisa menjadi indikator tingkat kesehatan di sebuah negara. 3. Pendapatan per kapita Pendapatan per kapita Indonesia masih di bawah rata-rata dunia bahkan di Asia Tenggara sendiri. Indonesia ada di bawah Singapura, Malaysia dan Thailand dalam hal pendapatan per kapita.
Potensi fisik jika diimbangi dengan potensi sosial jelas tidak akan memunculkan sebuah neg Pengertian Potensi Sosial Wilayah Indonesia
Kebudayaan ialah aset Indonesia
b. Keragaman Budaya Indonesia Indonesia kaya akan suku bangsa dan budaya yang mencakup bahasa, kesenian, kuliner, tarian, budpekerti dan yang lain. Kearifan setempat budaya di Indonesia merupakan aset yang mesti dirawat dan dilestarikan untuk dijadikan pesona wisata dan selaku identitas Indonesia. 

Hasil kebudayaan penduduk Indonesia nampak dari tata sikap, baju akhlak, senjata, rumah budbahasa, upacara budbahasa hingga arstitektur mirip candi dan lainnya.
c. Kreatifitas Saat ini banyak sekali macam kreasi anak bangsa banyak bermunculan. Ini ialah salah satu kunci pembangunan dan kenaikan ekonomi penduduk . 

Di kurun globalisasi ini masyarakat Indonesia banyak melahirakn penemuan-inovasi produk yang bernilai jual sehingga mampu mengembangkan daya saing dengan negara-negara lain. 
Gambar: disini