Blogger Jateng

Pengertian Eksplorasi dan Eksploitasi Sumber Daya Alam

Sumber daya alam merupakan anugerah Tuhan yang luar mampu bagi insan. Semua keperluan manusia telah ditawarkan di bumi ini dalam bentuk sumber daya alam. 

Salah satu kegiatan pengusahaan SDA ialah dengan kegiatan pertambangan. Isu penting dikala ini dalam dunia pertambangan di Indonesia ialah perihal pentingnya kenaikan nilai tambah bagi sektor pertambangan. 

Isu itu mencuat kembali dengan deras sehabis terbitnya Undang-Undang No.4 Tahun 2009 ihwal Pertambangan Mineral dan Batubara (UU Minerba).  
Pasal 103 ayat (1) UU Mineral tersebut juga tertulis bahwa: “Pemegang IUP dan IUPK operasi buatan wajib melaksanakan pengelolaan dan pemurnian hasil penambangan di dalam negeri.” 

Pasal 170 UU yang serupa menyertakan bahwa: “Pemegang Kontrak Karya sebagaimana dimaksud Pasal 169 yang telah berproduksi wajib melaksanakan pemurnian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 103 ayat (1) selambat-lambatnya 5 (lima) tahun sejak undang-undang ini diundangkan.” 
Sangat dipahami bahwa mengolah bahan-materi tambang seperti mineral, batubara, dan batuan di dalam negeri akan menunjukkan nilai tambah bagi percepatan perkembangan bangsa dan negara. 

Karena dengan adanya industri pengolahan di dalam negeri seperti industri peleburan logam (smelter), industri mineral dan industri pengerjaan kenaikan kualitas batubara (upgrading brown coal) akan mampu menciptakan terlalu banyak lapangan kerja, objek pajak baru, dan berkurangnya ketergantungan industri di dalam negeri terhadap materi-materi impor. 

Mengacu pada acara pertambangan, secara garis besar dapat dikelompokkan dalam dua acara yang berlawanan, ialah kegiatan eksplorasi dan aktivitas eksploitasi.
 Semua kebutuhan manusia sudah disediakan di bumi ini dalam bentuk sumber daya alam Pengertian Eksplorasi dan Eksploitasi Sumber Daya Alam
Kegiatan eksplorasi dan eksploitasi SDA
Eksplorasi dan ekpoitasi ialah kata yang sudah tidak abnormal. Kedua perumpamaan tersebuat sebenarnya memiliki istilah yang sungguh akrab sekali jika dikaitkan dengan sebuah kepentingan atu tujuan aktivitas. 

Eksplorasi merupakan suatu bentuk acara penggalian info atau kumpulan data-data yang dilakukan dengan tujuan untuk menghimpun beberapa data maupun isu-isu yang nantinya akan diteliti atau di informasikan terhadap pihak-pihak lain yang membutuhkanya. 

Sedangkan pengrtian dari ekploitasi sendiri yaitu upaya atau bentuk acara yang sifatnya condong pada penggalian potensi-potesi yang terdapat pada suatu obyek selaku tingkat lanjut dari kegatan eksplorasi.

Kegiatan eksplorasi sungguh penting dikerjakan sebelum pengusahaan materi tambang dijalankan mengingat keberadaan bahan galian yang penyebarannya tidak merata dan sifatnya sementara yang sebuah saat akan habis tergali. 


Sehingga untuk memilih lokasi sebaran, mutu dan jumlah cadangan serta cara pengambilannya diperlukan pengusutan yang teliti semoga tidak mencampakkan tenaga dan modal, disamping untuk menghemat resiko kegagalan, kerugian materi, kecelakaan kerja, dan kerusakan lingkungan.

Suatu aktivitas eksplorasi harus dijadwalkan sebaik-baiknya dengan memperhitungkan untung-ruginya, efisiensi, ekonomis serta kelestarian lingkungan tempat eksplorasi tersebut. Perencanaan eksplorasi meliputi beberapa hal selaku berikut:

a. Pemilihan kawasan ekslorasi  b. Studi pendahuluan  c. Perencanaan eksplorasi dan pembiayaannya  d. Hasil serta tujuan yang ditemukan dari seluruh operasi. 
Kegiatan eksplorasi terdiri atas banyak sekali penyelidikan yang mendukungnya antara lain penyelidikan untuk  geologi dan geokimia. Penyelidikan ini dijalankan untuk mengetahui perkiraan kadar logam, senyawa kimia dan bab-bagian penyerta dimana logam tersebut berada. 

Eksploitasi yakni perjuangan penambangan dengan maksud untuk menciptakan bahan galian dan memanfaatkannya. Kegiatan ini mampu dibedakan menurut sifat bahan galiannya adalah, galian padat dan materi galian cair serta gas. 

Eksplorasi ialah kegiatan pengumpulan data wacana jenis maupun keberadaan persebaran materi tambang yang akan digali. Oleh sebab itu dibutuhkan etos kerja yang bagus, keberanian, kreatif, dan secara profesional. 

Harapannya, hasil data tersebut akan akurat alasannya adalah besar lengan berkuasa pada acara berikutnya, yakni eksploitasi. 
Sumber: Modul UKG Geografi  Gambar: disini