Blogger Jateng

Kunci Jawaban dan Pembahasan UN Geografi 2017 No 6-10

Teman-sobat sekalian kali ini aku akan bahas kunci jawaban beserta sedikit pembahasan soal UN Geografi 2017 No 6-7. 

Soal no 6-7 ini materinya masih seputar pertumbuhan bumi dan dinamika tenaga endogen dan eksogen. Simak dan jangan lupa like blog ini semoga update terus informasi geografi dari aku.
bahas kunci jawaban beserta sedikit pembahasan soal UN Geografi  Kunci Jawaban dan Pembahasan UN Geografi 2017 No 6-10
Mari mencar ilmu Geografi
6. Pernyataan/fenomena: 1) pergeseran animo di kedua belahan bumi 2) perbedaan waktu di tampang bumi 3) perbedaan panjang siang dan malam 4) pembelokan arah angin 5) peredaran semu harian benda langit
Fenomena yang terjadi akhir rotasi bumi ditunjukkan angka .... a. 1), 2) dan 3) b. 1), 2) dan 4) c. 1), 3) dan 5) d. 2), 4) dan 5) e. 3), 4) dan 5)
Jawabannya ialah d. Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya. Dampak rotasi bumi ialah pegantian siang malam, perbedaan waktu, gerak semu harian benda langit dan imbas coriolis.
7. Deformasi atau perubahan kulit bumi membentuk gunung, pegunungan, lembah dan jurang. Faktor yang mensugesti pergerakan lempeng tersebut ialah .... a. arus konveksi di lapisan astenosfer b. gravitasi bumi di lapisan inti dalam c. arus konduksi di lapisan litosfer d. arus magnetisme di lapisan bumi e. konveksi efek rotasi bumi
Jawabannya yakni a. Dalam soal itu ditanyakan aspek yang menyebabkan lempeng tektonik bergerak. Lempeng tektonik bergerak karena adanya arus konveksi di astenosfer. Arus konveksi ini dikarenakan adanya magma di dalam bumi. 

Contoh sederhana adalah saat kamu masak air di panci. Air bergolak itu ada teladan arus konveksi dari panas kompor (magma).
bahas kunci jawaban beserta sedikit pembahasan soal UN Geografi  Kunci Jawaban dan Pembahasan UN Geografi 2017 No 6-10
Arus magma di dalam bumi
8. Bentuk permukaan bumi mirip gambar di bawah dihasilkan tenaga ....
bahas kunci jawaban beserta sedikit pembahasan soal UN Geografi  Kunci Jawaban dan Pembahasan UN Geografi 2017 No 6-10
Gaya eksogen dan dampaknya

a. pelapukan kimia dan pengendapan b. pelapukan mekanik dan pengendapan c. pengikisan dan pengendapan d. pelapukan dan erosi e. pengikisan glasial dan sedimentasi
Jawabannya adalah a. Gambar tersebut ialah stalaktit dan stalagmit di gua kapur. Keduanya dihasilkan oleh pelapukan kimia (solusional) dan pengendapan selama beberapa tahun.
9. Bentuk tampang bumi mirip gambar merupakan bentukan gerakan lempeng ....
bahas kunci jawaban beserta sedikit pembahasan soal UN Geografi  Kunci Jawaban dan Pembahasan UN Geografi 2017 No 6-10
Gaya endogen
a. mendatar b. berpapasan c. bertubrukan d. menjauh e. memusat
Jawabannya yakni c. Gambar di atas yakni lipatan pegunungan yang merupakan hasil tumbukan lempeng benua dengan lempeng benua (obduksi). Contohnya pegunungan himalaya. 
10. Dampak letusan gunung api secara global yakni .... a. sering terjadi tsunami menyebabkan maut tanaman b. pendangkalan sungai disebabkan aliran material letusan c. semburan aerosol vulkanik menurunkan suhu bumi d. semburan bubuk vulkanik melenyapkan spesies tertentu e. bubuk vulkanik mengakibatkan kandungan oksigen meningkat
Jawabannya yaitu c. Ada dua imbas erupsi ialah setempat dan global. Dampak setempat yaitu yang berukuran sempit mirip banjir lahar, awan panas, ajal binatang, kebakaran lereng, rumah hancur dan yang lain. 

Dampak global adalah yang menyebar luas. Aerosol dari abu vulkanik jika menyebar luas di atmosfer akan menghalangi sinar matahari dan akhirnya menurunkan suhu bumi secara global. Contohnya saat Krakatau meletus abad ke 18 atau Tambora. Lanjut baca>>>>>Pembahasan soal no 11-15