Blogger Jateng

Hutan di Indonesia: Hujan, Musim, Sabana, Bakau, Gambut

Hutan ialah salah satu lingkungan alami di permukaan bumi ini. Hutan dapat diklasifikasikan berdasarkan aneka macam tolok ukur. Ada banyak jenis hutan di Indonesia diantaranya hutan hujan, hutan animo, hutan sabana dan hutan gambut. 

Sebaran keempat jenis hutan ini tidak merata di Indonesia. Hutan mempunyai peranan penting khususnya selaku penghasil oksigen di tampang bumi. 
Hutan Hujan  Hutan hujan atau rainforest ialah jenis hutan yang mempunyai keragaman hayati tertinggi. Ciri-ciri hutan hujan torpis diantaranya: curah hujan tinggi, banyak tumbuhan kanopi, kelembaban tinggi, sinar matahari jarang masuk hingga ke tanah. 

Hutan hujan memiliki peranan penting sebagai penyimpan karbon, pemasokkayu, dan habitat tanaman fauna. Indonesia merupakan negara yang memilki hutan hujan paling luas di dunia sesudah Brasil dan Afrika Tengah. 

Hutan hujan juga banyak digunakan sebagai sarana pengamatan dan pendidikan. Beberapa flora endemik yang hidup di hutan hujan Indonesia diantaranya Raflesia arnoldi, Kantung Semar, Rotan dan Anggrek Hitam. 

Sementara fauna yang hidup di hutan hujan Indonesia diantaranya Harimau, Macan Pohon, Orang Utan dan Cenderawasih. Sebaran hutan hujan Indonesia ada di Sumatera, Kalimantan, Sebagian Jawa dan Papua. 
 Hutan dapat diklasifikasikan menurut berbagai kriteria Hutan di Indonesia: Hujan, Musim, Sabana, Bakau, Gambut
Hutan hujan Indonesia
Hutan Musim Hutan isu terkini ialah hutan yang mempunyai corak khas saat perubahan mulut dominan. Hutan trend di Indonesia banyak dipakai untuk kepentingan produksi. Ciri utama hutan verbal secara umum dikuasai yaitu jenis vegetasi sedikit hanya satu atau dua, saat musim hujan daunnya lebat namun saat demam isu panas akan rontok. 

Contoh flora hutan animo ialah jati, ketapang dan sengon. Hutan demam info di Indonesia banyak terdapat di Jawa. Hutan musim menempati urutan kedua dalam hal luas setelah hutan hujan di Indonesia. Baca juga: Rumus GDP, GNP dan GNI
Hutan Sabana Hutan sabana ialah sebuah padang rumput yang diselingi oleh tanaman kayu tipe akasia. Hutan sabana memiliki luas paling sempit diantara semua jenis hutan di Indonesia. Jenis tumbuhan dan fauna di hutan sabana sangat minim karena keadaan curah hujan rendah. 

Sebaran hutan sabana diantaranya di Nusa Tenggara, Madura dan Taman Nasional Baluran. Fauna khas sabana yaitu kuda dan berbagai macam rusa dan burung. 
Hutan Bakau Hutan bakau atau mangrove ialah hutan yang cukup unik alasannya hanya ditemui di batas daratan dan lautan. Mangrove cuma meningkat di kawasan tropis saja. Ciri khas mangrove ialah memiliki akar menggantung yang banyak. 

Mangrove merupakan ekosistem yang berfungsi untuk menghalangi abrasi maritim dan rumah bagi biota perairan payau mirip ikan, kepiting, udang dan bangau. Sebaran mangrove atau bakau di Indonesia ada di pantai utara Jawa, selatan Kalimantan, Bali dan Kepulauan Riau. Baca juga: Ekosistem bioma air tawar
Hutan Gambut Hutan gambut merupakan tipe hutan di tempat rawa. Indonesia punya total lahan gambut tropis terluas di dunia dengan total 22 juta hektar yang tersebar di Sumatera, Kalimantan dan Papua. 

Hutan gambut sangat riskan terhadap kebakaran lahan dan ini menjadi problem di Indonesia. Lahan gambut Indonesia mampu menyimpan sekurang-kurangnya57 miliar ton karbon. 

Hutan gambut sekarang banyak disulap menjadi lahan perkebunan sawit sehingga beresiko degradasi. Baca juga: Proses terbentuknya materi galian

Gambar: disini