Blogger Jateng

Etimologi dan Latar Belakang Perang Dingin Blok Barat dan Timur

Dunia mengalami perang besar yakni Perang Dunia I dan II namun setelah itu muncul lagi perumpamaan lain adalah di Perang  Dingin. 

Perang masbodoh yaitu  sebuah  keadaan  politik  yang  menimbulkan  ketegangan  politik antara  Uni  Soviet  dan  Amerika  Serikat  yang  terjadi  antara  1947–1991.  

Perang  Dingin juga ditandai dengan kompetisi antara Uni Soviet dan Amerika Serikat dalam berbagai bidang  untuk  memperebutkan  efek  ideologinya  masing-masing.  

Istilah Perang Dingin mulai digunakan untuk menggambarkan kondisi dunia sehabis Perang Dunia II. Beberapa tokoh yang memopulerkannya yaitu selaku berikut.
a. George  Orwell,  penulis  dan  jurnalis  Inggris.  Perang  Dingin  yaitu  penggambaran dunia  yang  hidup  di  bawah  bahaya  perang  nuklir  sesudah  Perang  Dunia  II.  

Istilah ‘perang hambar’ digunakan dalam esainya yang berjudul "You and the Atomic Bomb" (Anda dan Bom Atom) yang diterbitkan oleh surat kabar Inggris, Tribune, 19 Oktober 1945.
b. Bernard  Baruch,  jago  keuangan  Amerika  dan  penasihat  presiden.  Perang  Dingin yakni  penggambaran  ketegangan  geopolitik  antara  Uni  Soviet  dan  negara  satelit dengan  Amerika  Serikat  dan  Sekutu  Eropa  Barat  pasca-Perang  Dunia  II.  Istilah  ini dicetuskan dalam suatu pidato di South Carolina pada 16 April 1947.
c. Walter  Lippmann,  reporter  dan  kolumnis  surat  kabar  yang  menjabarkan  ungkapan Perang  Dingin  dalam  Buku The  Cold  War. Pada  1947,  Lippmann  menginformasikan istilah  Perang  Dingin  merujuk  pada  istilah  Prancis  pada  1930-an,  adalah Ia  guerre froinde.
Dunia mengalami perang besar yaitu Perang Dunia I dan II Etimologi dan Latar Belakang Perang Dingin Blok Barat dan Timur
Perang dunia blok barat dan timur

Latar Belakang Lahirnya Perang Dingin a. Perebutan dominasi kepemimpinan Munculnya  Amerika  Serikat  (AS)  dan  Uni  Soviet  berperan  besar  dalam  menolong negara-negara sekitar. AS menolong negara-negara Eropa Barat untuk memperbaiki kehidupan  perekonomiannya  dan  Uni  Soviet  berperan  selaku   pembebas  Eropa Timur dari Nazi-Jerman serta membantu membangun perekonomian negara-negara Eropa  Timur  pasca-Perang  Dunia  II.  Dengan  modal  kekuatannya  masing-masing, kedua negara ini dianggap selaku negara adidaya.
b. Pertentangan Ideologi Latar  belakang  selanjutnya  ialah  penyebaran  ideologi  komunis  dari  Uni  Soviet dan ideologi liberal dari AS. Kedua ideologi ini saling bertentangan sebab ideologi komunis mengharapkan kemakmuran bersama sehingga dibutuhkan kendali negara untuk  mengaturnya. 

Ideologi  liberal  dari  AS  menginginkan  kebebasan  individu sehingga tiap-tiap individu bisa meningkat sejauh mana perjuangan dan modal yang dimiliki.  Munculnya  negara-negara  yang  baru  merdeka  sehabis  Perang  Dunia  II memiliki imbas pada hadirnya dua kalangan negara di dunia, adalah negara maju dan negara meningkat . 

Kemunculan negara-negara berubah menjadi lahan subur bagi Uni Soviet dan AS untuk menanamkan pengaruhnya.
c. Pembentukkan Pakta Pertahanan Dalam memperkuat pertahanan Uni Soviet dan AS, setiap negara membuat sistem aliansi.  Secara  garis  besar  negara-negara  yang  bersahabat  dengan  Uni  Soviet  disebut selaku Blok Timur dan negara-negara yang akrab dengan AS disebut Blok Barat. 

Beberapa  organisasi  yang  ialah  sistem  aliansi  Uni  Soviet  dan  AS  antara  lain selaku berikut:
1. Aliansi negara-negara komunis atau Blok Timur, ialah selaku berikut. - Cominform (The Communist Information Bureau) selaku Biro info dan komunikasi partai komunis di dunia yang dibentuk pada 1947. - Pakta    Warsawa merupakan    organisasi    pertahanan    negara-negara komunis yang dibuat pada 1955.
Aliansi negara-negara liberal atau Blok Barat, adalah selaku berikut. - North  Antlantik  Treaty  Organization  (NATO ialah  organisasi pertahanan   negara-negara   Atlantik   Utara   dengan   tujuan   menahan imbas komunis di Eropa yang dibentuk pada 1947. - South  East  Asia  Treaty  Organization  (SEATO) merupakan  organisasi pertahanan di Asia Tenggara untuk membendung dampak komunis di Asia Tenggara. SEATO dibuat pada 1954. - Autralia,  New  Zeland,  United  State  (ANZUS) ialah  organisasi pertahanan  terhadap  efek  komunis  di  Australia  dan  Selandia  Baru yang dibuat pada 1951. - Central   East   Treaty   Organization   (CENTO) merupakan   organisasi pertahanan   terhadap   efek   komunis   di   Timur   Tengah.   CENTO dikenali juga selaku METO atau Pakta Baghdad yang dibentuk 1955 dan dibubarkan pada 1979.
d. Perlombaan senjata
AS  dan  Uni  Soviet  berlomba  untuk  memperkuat  pertahanan  negerinya  dengan membuatkan  persenjataan  yang  dimiliki.  Kedua  negara  tersebut  berlomba-lomba  untuk  membuat  senjata  nuklir  sehingga  dunia  diliputi  ancaman  perang nuklir akhir perlombaan senjata antara AS dan Uni Soviet.

e. Peningkatan program acara spionase (spionase)
Kegiatan  mata-mata  antara  AS  dan  Uni  Soviet  yang  memiliki  organisasi  intelijen  sebagai dinas diam-diam untuk mencari informasi di negara-negara tertentu, khususnya penggalian informasi perihal lawan-musuh AS dan Uni Soviet. Organisasi intelijen yang populer ialah selaku berikut.


1.) AS mempunyai Central Intelligence Agency (CIA).
2.) Uni Soviet mempunyai Komitet Gusudarstvennoy Bezopasnosti (KGB).
Kegiatan  spionase  mengakibatkan  dunia  diliputi  ketegangan  dan  kecurigaan. Salah satu kejadian yang diakibatkan dampak CIA dan KGB yaitu Krisis Kuba.

Itulah sejarah singkat yang melatarbelakangi terjadinya perang cuek, biar berfaedah. Gambar: disini