Blogger Jateng

Cara Mudah Hilangkan Formalin pada Mie, Tahu dan Ikan

Halo sobat-teman sekalian, apa kabarnya hari ini?. Semoga baik-baik saja dan tetap produktif. 

Kali ini aku akan membagikan sedikit tips ihwal cara hilangkan formalin pada mie, tahu dan ikan. Apakah kau suka makan masakan tersebut?.

Kita telah tahu kan bahwa di pasar tak jarang ditemukan pedagang bandel yang menggunakna formalin untuk mengawetkan tahu, mie dan ikan dan lainnya. 

Formalin ialah materi pengawet yang berbahaya bila disantap jangka panjang bagi manusia. Sebagai pelanggan utamanya ibu-ibu, pasti was-was jika mendengar hal tersebut. 

Lalu bagaimana cara gampang hilangkan formalin pada masakan tersebut?. Dikutip dari ulasan Henny Budi  Utari, PhD, ternyata ada cara mudah untuk menghilangkannya:
1. Ikan Asin Ikan asin yang mengandung formaln perlu direndam selama 60 menit agar formalinnya terlepas dari ikan lalu larut dalam air rendamannya. Level formain pada ikan asin akan menyusut sebanyak 61%  jika ikan asin direndam dalam air mampu. Sebaliknya dalam air garam, lebel formalin ikan asin akan hilang hingga 89%.
2. Tahu Tahu yang berformalin pun mampu dinetralkan dengan cara gampang sekali. Cara terbaik adalah dengan merebusnya sampai mendidih lalu menggorengnya Teknik ini terbukti mampu menghilangkan nyaris semua kandungan formalin dalam tahu. 

Cara yang lain yakni mengukus tahu atau merendamnya di air panas. Namun kedua cara ini cuma meminimalisir kandungan formalin bukan menghilangkan secara total kadar formalin tahu.
Kali ini saya akan membagikan sedikit tips tentang cara hilangkan formalin pada mie Cara Mudah Hilangkan Formalin pada Mie, Tahu dan Ikan
Ikan asin segar
3. Mie Basah Untuk mie basah, caranya lebih gampang yaitu cukup rendam saja dalam air panas selama 30 menitan. Teknik simple ini terbukti menetralisir kandungan formalin sampai 100%. Jangan lupa basuh kembali mie dengan air biasa sesudah perendaman untuk memastikan tidak ada formalin yang tersisa.
4.  Ikan Segar Ikan segar yang diberi formalin juga mampu dinetralkan kembali sehingga kondusif dimakan. Campurkan cuka ke dalam air sampai konsentrasinya menjangkau 5%. Kemudian, rendam ikan dalam larutan tersebut sealam 15 menitan. 
Tubuh manusia bahwasanya sudah didesain untuk melenyapkan materi-bahan kimia jahat yang masuk dalam tubuh. Namun kalau kadarnya terlalu tinggi maka badan akan lemah juga. Makara kita harus mampu selektif menentukan masakan dan tetap berjaga-jaga.