Blogger Jateng

Kunci Jawaban Pembahasan OSK Geografi 2017 Nomor 7, 8, 9

Oke, halo sobat-teman sekalian kali ini saya akan coba kembali membicarakan balasan soal OSK Geografi tahun 2017 nomor 7,8 dan 9. 

Seperti umumdi blog ini saya akan update pembahasan soal dari yang paling gampang ke yang sulit ya. Kaprikornus mohon bersabar. Ingat prinsip belajar yaitu dari yang mudah ke yang merepotkan.
7. Diantara kota-kota berikut, yang kemungkinan paling besar presipitasinya yaitu .... a. Montreal, Kanada b. Riyadh, Arab Saudi c. Madrid, Spanyol d. Jakarta, Indonesia
8. Dampak perubahan iklim untuk 100 tahun ke depan dengan skenario peningkatan suhu hingga 1 derajat C adalah .... a. terumbu karang rusak b. peristiwa cuaca ekstrim c. kebanyak kawasan di dunia tidak mampu dihuni d. beruang di kutub utara akan punah
9. Titik permulaan dari sebuah aktivitas pengelolaan peristiwa dimulai dari analisis .... a. resiko b. daerah c. kerentanan d. bahaya
PEMBAHASAN OSN GEOGRAFI 7. Perhatikan peta di bawah ini!
teman sekalian kali ini saya akan coba kembali membahas jawaban soal OSK Geografi tahun  Kunci Jawaban Pembahasan OSK Geografi 2017 Nomor 7, 8, 9
Peta dunia
Kota Jakarta terletak di kawasan ekuator, sementara Montreal, Riyadh dan Madrid ada di daerha subtropis hingga sedang. Menurut evaluasi karakter iklim maka Jakarta yang ada di tempat tropis berkemungkinan memiliki tingkat presipitasi yang tinggi dibanding kota yang lain. Selain itu dampak angin muson barat dan timur juga mengembangkan peluang presipitasi yang tinggi. 
8. Jika dalam 100 tahun ke depan suhu naik hingga 1 derajat maka yang mau ada yaitu mencairnya es di kutub. Mencairnya es di kutub akan membuat habitat beruang kutub hilang dan akhirnya punah. Analisanya seperti itu.
9. Titik permulaan manajemen peristiwa yaitu penilaian tingkat kerentanan peristiwa. Dengan mengecek tingkat kerentanan bencana maka nanti akan didapat peta potensi peristiwa di aneka macam tempat dan setelah itu mampu dibuat kebijakan masing-masing. 

Kerentanan insiden tiap kawasan beda-beda. Ada yang rentan gempa, erupsi, pertentangan, banjir dll. Makara semua kawasan tidak sama kerentanannya. 

Gambar: disini
Lanjut Pembahasan OSK 2018 Cek di bawah:- Soal OSK No 6-10 - Soal OSK No 11-15- Soal OSK No 16-20