Blogger Jateng

Contoh Soal Essay Geografi dan Jawaban Bab Lingkungan Hidup

Halo sahabat-sobat sobat dekat geografi, kali ini aku akan bagikan lagi contoh soal essay geografi bagian Lingkungan Hidup. 

Saya akan berik acuan sebanyak 10 buah saja. Silahkan kembangkan lagi jikalau memang kurang cocok dan bila berfaedah jangan lupa share sebanyak-banyaknya.
1. Jelaaskan wacana 3 jenis lingkungan hidup dan contohnya! Jawaban: - lingkungan alami = lingkungan yang masih belum ada campur tangan insan (hutan hujan tropis) - lingkungan binaan = lingkungan alami yang sudah dimasuki acara insan di dalamnya (pantai selaku objek rekreasi) - lingkungan budaya = lingkungan hasil cipta manusia (perumahan, perkotaan)
2. Jelaskan wacana faktor kerusakan lingkungan hidup! Jawaban: - Faktor alami = sebab fenomena alam (erupsi, gempa, angin siklon, tsunami dll) - Faktor manusia = karen aktifitas insan (ilegal logging, perang, industri, ledakan nuklir dll)
3. Apa bedanya daya tampung dengan daya dukung lingkungan? Jawaban: Daya tampung yakni kapasitas maksimum sebuah lingkungan untuk menampung mahluk hidup didalamnya. Daya dukung yaitu kemampuan lingkungan untuk mendukung keberlanjutan hidup mahluk di dalamnya.
4. Apa perbedaan cagar alam dengan suaka margasatwa? Jawaban: Cagar alam adalah sebuah lokasi yang dikhususkan untuk menjaga dan melestarikan habitat tanaman dan fauna endemik di dalamnya. Suaka margastwa yaitu kawasan bantuan hewan-binatang yang dibuat insan.
5. Apa perbedaan reuse, reduce, dan recycle? Jawaban: reuse yaitu penggunaan kembali barang yang telah dipakai reduce ialah upaya meminimalkan penggunaan produk tertentu seperti plastik recycle ialah proses daur ulang sebuah produk
6. Apa yang dimaksud dengan pembangunan berkesinambungan? Jawaban: Pembangunan dengan memperhatikan kelancaran hidup generasi di kurun depan.
7. Sebutkan perbedaan usaha konservasi DAS Hulu dengan DAS Hilir? Jawab: DAS  Hulu - tidak melaksanakan penebangan liar di pegunungan - tidak membangun industri di tempat pegunungan - merebosiasi perbukitan
DAS Hilir - tidak membangun bangunan di sempadan sungai - tidak buang sampah ke sungai - pengerukan sedimen lumpur terencana
8. Sebutkan beberapa faktor penyebab pencemaran tanah! Jawaban: - limbah domestik rumah tangga - penggunaan pestisida berlebihan - limbah pabrik - longsor dan banjir - buang sampah anorganik di tanah
9. Jelaskan ihwal proses imbas rumah kaca!
Jawaban:
Efek rumah beling ialah sebuah proses memanasnya permukaan bumi oleh pertolongan gas rumah kaca sehingga suhu di permukaan bumi menjadi hangat dan memungkinkan mahluk hidup bisa tumbuh meningkat diatasnya.
10. Sebutkan beberapa efek global warming di bidang pertanian, ekonomi, kelautan dan kesehatan!
Jawaban:
- Pertanian = gagal panen, demam gosip tanam berubah - Ekonomi = sulitnya lapangan kerja, penurunan pemasukan - Kelautan = naiknya paras air laut, kematian massal ikan - Kesehatan = wabah penyakit, menurunnya kekebalan tubuh