Blogger Jateng

Badan-Badan Kerjasama Ekonomi Yang Bersifat Regional

Ada banyak negara di dunia ini dan semua negara niscaya melakukan koordinasi di aneka macam bidang tergolong ekonomi. Kerjasama ekonomi antar negara yang paling biasa yaitu koordinasi ekonomi regional. 

Sebuah negara perlu berhubungan agar mampu saling melengkapi kebutuan satu sama lain. Berikut ini beberapa badan koordinasi ekonomi yang bersifat regional:
a. ASEAN Association South Of East Asian Nations (ASEAN) ialah organisasi bangsa-bangsa di daerah Asia Tenggara. ASEAN diresmikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok atas prakarsa Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Pendirian ASEAN berdasarkan Deklarasi Bangkok. Saat ini ASEAN beranggotakan sepuluh negara.
Tujuan utama ASEAN dalah mengadakan kerja sama dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya antarnegara anggota ASEAN. Pada tahun 1992 beberapa negara anggota ASEAN melalui kepala negara setuju untuk menggalakkan kerja sama dalam bidang politik dan keselamatan di kawasan Asia Tenggara.
Kerja sama ASEAN bertujuan mempercepat perkembangan ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Dalam perkembangannya, kerja sama ASEAN mengarah perdagangan bebas pada tahun 2003 di kawasan Asia Tenggara (ASEAN Free Trade Area/AFTA). 

Tujuan AFTA ialah memajukan kelebihan kompetitif produk-produk ASEAN, serta menghemat tarif guna meningkatkan efisiensi bikinan atas industri jual beli. Pada tahun 2015 negara-negara anggota ASEAN menginginkan terbentuknya komunitas ekonomi. 
Hal ini dipertegas dengan penandatanganan ASEAN Economic Community (AEC) Blueprint oleh pemimpin negara-negara ASEAN. Kesepakatan ini diperlukan membawa kawasan Asia Tenggara menuju pasar tunggal dan basis produksi pada tahun 2015.
b. APEC Negara-negara di tempat Asia Pasifik membentuk kolaborasi ekonomi pada bulan November 1989 di Canberra, Australia. Kerja sama ini disebut Asia Pasific Economic Cooperation (APEC) yang meliputi Benua Asia, Australia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

Tujuannya menjalin kolaborasi jual beli, investasi, dan pariwisata; memperkuat jual beli multilateral bagi kepentingan Asia  Pasifik serta negara-negara lain; meminimalkan kendala perdagangan antarnegara; serta memajukan mutu sumber daya insan guna mendorong pelaksanaan pembangunan dan kemajuan ekonomi.
Pada tanggal 5 November 1994 berjalan KTT II APEC di Bogor, Indonesia yang menciptakan Deklarasi Bogor (Bogor Declaration). APEC mencanangkan jual beli bebas pada tahun 2010 untuk negara maju dan tahun 2020 untuk negara meningkat .
Ada banyak negara di dunia ini dan semua negara tentu melakukan kerjasama di berbagai bida Badan-Badan Kerjasama Ekonomi Yang Bersifat Regional
Peta Negara APEC
c. EEC European Economic Community (ECC) juga disebut Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE). MEE berdiri pada tahun 1957 di Roma, Italia atas janji beberapa negara Eropa Barat. Pada bulan Febuari 1992 MEE bermetamorfosis Uni Eropa (European Union/EU). 

Untuk mempererat kerja sama negara-negara anggota Uni Eropa, mulai tanggal 1 Januari 1999 dikeluarkan mata uang tunggal, adalah euro.
MEE bermaksud menetralisir kendala perdagangan bebas guna membuatkan kehidupan ekonomi dan sosial penduduk Eropa, mempersatukan perekonomian ke dalam daerah penjualan bersama, memobilisasi kesempatanekonomi, serta mengembangkan daya saing MEE dalam perekonoman global.
d. Colombo Plan  Colombo Plan ialah rencana kolaborasi untuk mengembangkan ekonomi di Asia Selatan dan di Asia Tenggara. Colombo Plan bermaksud untuk meningkatkan taraf hidup penduduk di Asia Selatan dan di Asia Tenggara lewat penyusunan dan pelaksanaan rencana kerja sama internasional.
Adapun bentuk-bentuk tunjangan Colombo Plan adalah selaku berikut. 1) Pinjaman dan pertolongan untuk proyek nasional. 2) Bahan kuliner, pupuk, dan barang konsumsi. 3) Alat peralatan (mesin, alat transportasi, dan alat laboratorium). 4) Jasa tenaga ahli 5) Pendidikan dan latihan kesanggupan.
e. NAFTA (North American Free Trade Area) NAFTA merupakan blok jual beli di tempat Amerika Utara (USA, Kanada, dan Meksiko) NAFTA akan melakukan perdagangan bebas di kawasan Amerika Utara pada tahun 2010, di mana arus kemudian lintas barang barang jualan antara anggota bebas masuk tanpa hambatan/non tarif di kawasan NAFTA.
Gambar: disini