Blogger Jateng

Usaha Pelestarian Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup makin terancam oleh peradaban insan yang rakus. Oleh alasannya itu dibutuhkan upaya pelestarian lingkungan hidup. 

Pelestarian lingkungan hidup yakni serangkaian upaya untuk melindungi kesanggupan lingkungan hidup kepada tekanan pergantian dan efek negatif yang ditimbulkan oleh berbagai fenomena supaya tetap mampu mendukung kehidupan mahluk hidup. 

Upaya pelestarian dikerjakan biar sumber daya pada lingkungan hidup mampu bertahan selama mungkin dan mampu dicicipi oleh generasi yang akan tiba atau berkesinambungan.
Lingkungan hidup semakin terancam oleh peradaban manusia yang rakus Usaha Pelestarian Lingkungan Hidup
Lingkugan wajib dijaga dan dilestarikan
Berikut ini beberapa upaya pelesatarian lingkungan hidup: 1. Upaya pelestarian hutan Upaya ini dikerjakan lewat pengaturan tata guna lahan tata cara tebang pilih, reboisasi, dan tata cara tumpang sari pada flora pertanian. Sistem tumpang sari dilakukan peladang dengan cara menanam tumbuhan pangan diantara pohon utama. 

Pelestarian hutan juga bisa dijalankan dengan menciptakan zonasi hutan sesuai dengan peruntukannya seperti hutan lindung yang mesti steril dari segala bentuk aktivitas manusia.
2. Upaya pelestarian keragaman hayati Upaya pelestarian juga dijalankan pada aneka macam jenis vegetasi dan hewan. Beberapa flora dan fauna langka yang terancam punah harus dikonservasi mirip anggrek hitam, komodo dan rino Jawa.
3. Upaya pelestarian tanah dan sumber daya air Pelestarian sumber daya air dijalankan dengan mencegah pencemaran, merawat dan membersihkan pintu air dan menghemat air. DAS di hulu dan hilir harus dijaga kelestariannya agar jangan sampai mengakibatkan tragedi di kemudian hari. Menanam bibit pohon di perbukitan atau daerah gundul juga menjadi salah satu upaya konservasi tanah dan air.
4. Upaya pelestarian sumber daya udara Upaya pelestarian sumber daya udara dikerjakan dengan mengharuskan pabrik memasang alat penyaring udara. Penambahan luas ruang terbuka hijau dan hutan kota juga perlu dikerjakan. Selain itu, diadakan juga uji emisi gas buangan kendaraan bermotor.
5. Upaya pelestarian sumber daya laut Pelestarian maritim mampu dilakukan dengan tidak mencampakkan sampah ke maritim, tidak memakai bom ikan dan melarang illegal fishing. Tidak menghancurkan terumbu karang ketika berwisata bawah air juga ialah serpihan upaya pelestarian bahari.
Lantas apa saja kegiatan yang mampu dilakukan mulai dari rumah untuk mempertahankan kelestarian lingkungan kita? 1. Menggunakan air dan listrik sehemat mungkin 2. Membersihkan lingkungan secara terencana 3. Memilah sampah organik dan non organik sebelum dibuang 4. Menggunakan kendaraan hemat bbm dan minim polusi 5. Menanam tananam di sekitar rumah untuk mengembangkan kadar oksigen