Blogger Jateng

Tips Jawab Soal UN Geografi Sebaran Sumber Daya Alam

Halo sobat-teman sekalian, apa kabarnya hari?. Semoga sehat senantiasa dan tetap produktif berkarya. Kali ini aku akan bagikan kiat menjawab soal UN Geografi ihwal SDA alias sumber daya alam. 
Di dalam soal UN ini bahan sumber daya alam kerap kali timbul dalam bentuk peta buta. Kalian mesti tahu posisi barang tambang sesuai dengan lokasi sebetulnya.
Ini artinya kamu mesti memahi lokasi pada peta dan tipe sumber daya alamnya. Biasanya soal ini masuk kategori susah sebab kam mesti mengetahui semua sebaran SDA bukan?.
 Nah aku disini cuma membantu menawarkan list daftar sumber daya materi galian yang paling lazim alias terkenal yang ada di Indonesia.
So kamu hanya hanya menghapal yang pokoknya aja. Cek dahulu peta nya di bawah ini!
 Semoga sehat selalu dan tetap produktif berkarya Tips Jawab Soal UN Geografi Sebaran Sumber Daya Alam
Sebaran tambang utama Indonesia
Kita lihat di atas adalah peta sebaran tambang yang utama di Indonesia. Penjelasannya ada di bawah berikut ini:
1. Pulau Buton = penghasil aspal terbaik Indonesia dan dunia (the only one) 2. Aceh = penghasil gas alam dan minyak bumi 3. Bangka Belitung = penghasil timah terbaik dunia 4. Dumai Riau = penghasil minyak bumi 5. Martapura dan kalsel =penghasil intan dan batubara 6. Bontang = penghasil minyak bumi  7. Sorong = penghasil minyak bumi 8. Tembagapura = penghasil emas, tembaga 10. Kamojang Garut =geotermal 11. Sulawesi barat = nikel
Itulah beberapa lokasi materi galian yang umu dijumpai di soal UN. Kalau ada yang akan menambahkan silahkan saja. Selain harus paham lokasi, kau juga harus tahu pembagian terstruktur mengenai sumber daya alam menurut lokasi keterdapatan dan ketersediaannya.