Blogger Jateng

Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi

Pada awal kemajuan pers di Indonesia, pers terbit selaku potongan usaha kolonial Belanda. Pemerintah kolonial memakai persuntuk mempropaganda penduduk .

Lalu, tugas pers bermetamorfosis pembawa kepentingan usaha perkebunan dan industri minyak milik kolonial Belanda. Isi informasi yang ada pada pers di awal perkembangnnya di Indonesia belum mencerminkan politik periode kolonial Belanda.
Pada periode pergerakan kebangsaan Indonesia pers dijadikan selaku alat untuk membentuk opini biasa ihwal bebas dari belenggu penjajahan dan kemerdekaan Indonesia bisa tercapai. 

Boedi Oetomo semenjak masa kelahirannya sangat memerhatikan pentingnya pentingnya penerbitan dan surat kabar sebagai penyambung suara organisasi.
Menurut M. Tabrani seorang penulis tahun 1929, untuk mengembangkan kualitas pers Indonesia maka dibutuhkan orang-orang intelektual. Diserukan terhadap para kaum intelek untuk mengisi surat kabar Indonesia. 

Pers menjadi tanggung jawab semua golongan. Peranan pers tahun 1929 tidak cuma menawarkan penerangan tentang kejadian saban hari, namun juga untuk menawarkan kebobrokan dan kekurangan dalam penduduk . Pers nasional mempunyai peranan berpartisipasi dalam pembangunan nasional tanah airnya. 
Pada zaman penjajahan Jepang, pers dijadikan alat propaganda Jepang. Perkembangan peranan pers Indonesia berikutnya pad amasa orde lama dan orde baru ialah pers dijadikan selaku alat dan imbas kekuasaan pemerintah. 

Kebebasan mengemukakan pendapat dipasung. Penerbitan surat kabar mesti mengukuti aturan pusat dan tak jarang penangkapan wartawan terjadi. 
Terjadi juga pembredelan surat kabar yang menjadikan turunnya angka penjualan. Akibatnya masyarakat cenderung tidak mempercayai surat kabar yang dibredel. Padahal letak kekuatan surat kabar ada pada akidah masyarakat untuk memercayai surat kabar selaku media keterangan. 

Pada masa reformasi, terjadi keterbukaan dalam pemberitaan dan banyak surat kabar gres yang terbit. Pers ikut aktif dan bahkan menggerakan reformasi. Masyarakat mampu menyaksikan segala bentuk pers, bebas menentukan dan mengkritisi isi berita tersebut.
Menurut perkembangan peranan pers di Indonesia, peranan pers ialah memberi informasi yang benar terhadap publik ihwal suatu kejadian. Pers yaitu media yang dapat dengan bebas menginvestigasi jalannya pemerintahan dan melaporkannya tanpa takut adanya penuntutan. 

Dalam penduduk demokratis, rakyat bergantung pada pers untuk memberantas korupsi, memaparkan kesalahan penegakan aturan, ketidakstabilan harga pokok dan lainnya. 
Pada awal perkembangan pers di Indonesia Peranan Pers Dalam Masyarakat Demokrasi
Pers kian bervariasi zaman now
Menurut Pasal 6 UU Pers No 40 Th. 1999 ihwal peranan pers di Indonesia, isinya yakni: 1. Memenuhi hak penduduk untuk mengenali. 2. Menegakan nilai-nilai demokrasi, mendorong penegakan supremasi hukum dan hak-hak asasi insan, menghormati pluraisme atua kebhinekaan. 3. Mengembangkan anjuran umum menurut info yang tepat, akurat, dan benar. 4. Melakukan pengawasan kritis, koreksi dan anjuran terhadap hal-hal yang berafiliasi dengan kepentingan lazim. 5. Memperjuangkan keadilan dan kebenaran.
Melalui tangan wartawan, kemahiran dalam menulis, kecerdasan otak dan semangat dalam menuliskan gosip, seorang wartawan bisa menjinjing pemikiran pembaca ke arah isi tulisan. 

Peranan pers di satu segi selaku pihak pro demokrasi ialah menunjukkan gambaran yang benar tentang apa yang terjadi. Di lain pihak selaku penjaga perubahan, peralihan dan krisis.
Pers pada waktu yang sama harus melaksanakan peranannya mencerdaskan bangsa dan masyarakatnya. Pada penduduk harus meningkat dan berkembang suatu contoh berpikir kritis dan bisa menentukan informasi yang benar menyampaikan kebenaran atau sekedar gosip hoax bohong dan hanya berisi pembenaran suatu pihak demi kepentingannya.
Gambar: disini