Blogger Jateng

Pemanfaatan Sumber Daya Alam Nabati dan Hewani

Sumber daya alam adalah anugerah Tuhan yang bisa dipakai untuk menyanggupi kebutuhan hidup dan mensejahterakan insan dan mahluk lainnya. Sebagian besar sumber daya pangan berasal dari tanaman budi daya. 

Tanaman yang kita manfaatkan selaku sumber karbohidrat adalah padi, jagung ubi, ubi kayu, ganyong dan sagu. Contoh flora sumber lemak nabati adalah kelapa, kelapa sawit dan kacang tanah. 

Contoh flora sumber protein yakni kedelai, kacang hijau, serta jenis kacang-kacang yang lain. Sayur dan buah-buahan kita manfaatkan sebagai sumber vitamin dan mineral.
Tumbuhan juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber sandang, contohnya kapas, sisal, dan rami. Selain selaku sumber sandang, flora yang menghasilkan serat ini juga dipakai dalam pembuatan karung goni dan bahan pembungkus lainnya.
Beberapa jenis tumbuhan dimanfaatkan manusia selaku minyak asiri seperti cengkeh, sereh, kayu putih dan kenanga. Sebagian dari tanaman ini telah dibudidayakan namun sebagian lainnya masih tumbuh liar di hutan. Prospek ekonomi hasil hutan sungguh menarik sehingga hutan menjadi sumber daya alam yang sangat penting. 
Berbagai jenis tanaman dimanfaatkan insan selaku flora hias untuk memperindah dan meningkatkan nilai budaya seperti anggrek, mawar, melati, adenium, kaktus hingga kenanga. 

Berbagai jenis kayu dimanfaatkan selaku materi baku mebel mirip kayu jati yang sudah banyak dibudidayakan serta kayu hutan seperti meranti, rasamala, rotan dan bambu. Kayu hutan sebagian diekspor dalam bentuk kayu lapis.
Berbagai jenis flora dimanfaatkan selaku sumber obat-obatan atau apotik hidup. Contoh flora apotik hidup antara lain kumis kucing, jahe, kencur, kunyit, sambiloto dan temulawak. Semua materi tersebut ialah materi dasar obat tradisional sejak zaman nenek moyang.
Sumber daya alam adalah anugerah Tuhan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup  Pemanfaatan Sumber Daya Alam Nabati dan Hewani
Jahe dan kunyit sebagai obat tradisional
Untuk materi industri, insan membudidayakan beberapa macam tumbuhan secara luas dalam bentuk perkebunan. Contoh flora industri ialah teh, karet, kopi, tebu, tembakau, lada, gula tebu dan kelapa sawit. 

Tanaman-tumbuhan itu ialah komoditas ekspor penting yang menghasilkan devisa negara. Indonesia ialah penghasil karet terbesar dunia bareng Brazil.
Pemanfaatan Sumber Daya Hewani
Sumber daya hewani juga bisa dimanfaatkan untuk aneka macam kepentingan diantaranya: a. Sumber daya alam hewani dimanfaatkan selaku sumber pangan dan sandang. 

Pakaian manusia sebagian dibuat dan dihias dengan bulu atau kulit binatang seperti kulit domba dan sapi untuk jaket dan tas. Bahan kain bersal dari ulat sutera dan lainnya.
b. Dalam kaitannya dengan benda-benda kebudayaan, hewan dimanfaatkan selaku produk kesenian dan kerajinan tangan manusia. Contohnya kerang dirangkai menjadi manik-manik dan kepala hewan dijadikan hiasan rumah.
Sumber daya alam adalah anugerah Tuhan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup  Pemanfaatan Sumber Daya Alam Nabati dan Hewani
Ulat sutera penghasil kain sutera
c. Sumber daya alam hewani juga dimanfaatkan dalam mengembangkan nilai kehidupan dan nilai budaya manusia. Bentuk dan cara hidup hewan dimanfaatkan sebagai sumber inspirasi untuk menciptakan produk budaya insan. Misalnya bentuk pesawat mengikuti bentuk badan burung yang aerodinamis.
Gambar: disini, disini