Blogger Jateng

Lingkup Kedaulatan Negara Ke Dalam dan Ke Luar

Kedaulatan berasal dari kata daulat yang artinya kekuasaan atau pemerintahan. Berdaulat mempunyai arti mempunyai kekuasaan sarat atau tertinggi untuk mengendalikan sebuah pemerintahan. 

Dengan demikian negara yang berdaulat adalah sebuah negara yang telah menerima kekuasaan penuh untuk mengontrol pemerintahannya. Tidak ada kekuasaan lain yang dapat mendikte dan mengontrol negara tersebut.
Seperti di dalam suatu rumah tangga, seluaruh anggota keluarga memiliki kebebasan untuk mengatur rumah tangga tersebut baik dari rancangan rumah hingga isi rumahnya. 

Semua itu dikerjakan untuk kemakmuran dan kenyamanan seluruh penghuni rumah. Demikian pula negara yang berdaulat memiliki keleluasaan untuk menertibkan rumah tangganya sendiri dalam rangka untuk meraih kemakmuran bareng .
Kedaulatan dalam bahasa inggris disebut sovereignity. Harold. J. Laski menyampaikan bahwa kedaulatan yaitu kekuasaan yang sah berdasarkan aturan tertinggi, kekuasaan tersebut mencakup segenap orang maupun kalangan yang ada dalam masyarakat yang dikuasainya. 

Dari pengertian itu mampu disimpulkan bahwa kedaulatan yaitu kekuasaan tertinggi yang harus dimiliki sebuah negara. Memiliki kekuasaan tertinggi memiliki arti negara harus dapat memilih kehendaknya sendiri serta bisa melaksanakannya. 

Kehendak itu diwujudkan dalam bentuk hukum. Kedaulatan neagra dibagi menjadi dua adalah:
yang artinya kekuasaan atau pemerintahan Lingkup Kedaulatan Negara Ke Dalam dan Ke Luar
Kedaulatan NKRI tidak dapat dihilangkan
a. Kedaulatan ke dalam (internal sovereignity), yaitu negara berhak mengontrol segala kepentingan rakyat lewat berbagai lembaga negara dan perangkat yang lain tanpa campur tangan negara lain.
b. Kedaulatan ke luat (external sovereignity), yakni negara berhak untuk mengadakan relasi atau kerja sama dengan negara-negara lain untuk kepentingan bangsa dan negara. 
Menurut Jean Bodin, kedaulatan mempunyai empat sifat ialah: a. Permanen yaitu kedaulatan itu tetap ada selama negara itu bangkit. b. Asli yakni kedaulatan itu tidak berasal dari kekuasaan lain. c. Bulat artinya kedaulatan tidak dapat dibagi-bagi.  d. Tidak terbatas yakni kedaulatan itu tidak dibatasi oleh siapa pun, karena jikalau kedaulatan itu terbatas maka kekuasaan tertinggi akan lenyap.
Kedaulatan NKRI merupakan hasil usaha panjang rakyat Indonesia dari periode kolonialisme sampai penduduk Jepang. Sejak Indonesia merdeka hingga dikala ini kedaulatan NKRI tetap utuh dan tidak akan tergoyahkan oleh siapa pun.
Gambar: disini