Blogger Jateng

Contoh Soal Studi Kasus Geografi UN

Assalamualaikum wr.wb halo sobat-teman sekalian kali ini saya akan menjajal membuatkan tabrakan pena tentang pola soal studi masalah geografi di Ujian Nasional atau lomba lainnya. 

Di kurikulum 2013 ini model pembelajaran lebih mengarahkan siswa untuk berfikir kritis dan kreatif dan salah satunya dengan memperlihatkan studi kasus. 

Dengan menggunakan soal studi problem geografi maka anak akan mengeluarkan semua inspirasi dan rancangan-konsepnya untuk mencari penyelesaian atas masalah tersebut. Contoh studi problem mampu berbentukparagraf, video atau gambar atau statistik. 

Kali ini saya akan berikan acuan soal dalam bentuk paragraf, statistik dan gambar dulu saja. Tipe soal akan aku buat pilihan ganda saja apalagi dahlulu mirip di UN.
Materi Rotasi dan Revolusi Bumi 1. Mr. Adul mendapatkan beasiswa kuliah di Jerman pada tahun 2017 lalu. Ia mulai pergi ke Jerman pada tanggal 10 Juni 2017. Saat mendarat di Jerman pertamakali, dia mendapati di sana sedang isu terkini semi. Mr. Abdul bermaksud kembali ke Indonesia pada tanggal 25 September 2018. Saat beliau kembali ke Indonesia, di Jerman sedang animo .... a. semi b. panas c. gugur d. dingin e. kemarau
Materi pedosfer 2. Perhatikan gambar di bawah ini!
Pertanian di Dieng
 Gambar di atas menawarkan aktifitas pertanian di Dieng. Model usaha konservasi tanah yang paling sempurna sesuai dengan kondisi di atas ialah .... a. Contour strip b. Terasering c. Zonasi pengguna lahan sesuai kelas kemampuan lahan d. Reboisasi e. Guludan
Materi kependudukan 3. Perhatikan piramida penduduk Indonesia berikut ini!
Piramida Penduduk Indonesia 2005
Berdasarkan data statistik di atas, maka kebijakan pemerintah yang paling krusial atau penting yaitu .... a. menyalurkan pertolongan pribadi tunai b. membuat gerakan nasional orang tua ajar c. melakukan transmigrasi d. membangun sekolah dan kemudahan kesehatan e. menyalurkan TKI ke mancanegara
Oke, itu tadi teladan soal studi kasus geografi. Saya tidak akan menawarkan jawaban dahulu, namun jikalau mau coba silahkan di komentar aja ya. Coba tulis balasan dengan alasannya adalah. Nanti kita diskusi bareng , setuju. Salam geografi.