Blogger Jateng

Contoh Keunggulan dan Kelemahan Sistem Informasi Geografi

SIG atau Sistem Infromasi Geografi pada dasarnya merupakan suatu terobosan ilmu wawasan yang sangat canggih dan berguna bagi kehidupan. 

SIG ialah aplikasi pemetaan berbasis komputer dan mampu menunjukkan data keruangan dalam bentuk hampir mirip aslinya. SIG mempunyai kemampuan bukan cuma menyimpan tetapi memanipulasi data sehingga data keruangan pun bisa kita rubah sesuka hati.

Baca juga:
Mekanisme angin darat dan angin maritim
Rumus kontur interval peta topografi
Namun suatu aplikasi tentu ada keunggulan dan kekurangannya termausk SIG.
SIG dalam ponsel pintar
Keunggulan SIG 1. SIG dapat memvisualisasikan informasi spasial dalam banyak sekali tampilan. 2. SIG dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan terkait geografi. 3. SIG mampu menawarkan solusi terhadap masalah dan bisa memodelkan bencana alam secara akurat. 4. SIG sangat efisen dalam manajemen waktu. 5. SIG dapat mengumpulkan data secara cepat. 6. SIG mampu membaut katalog data. 7. SIG dapat menghidangkan gosip spasial di segala bidang. 8. Data spasial bisa dihidangkan dengan akurasi tinggi dan dengan prediksi dan analisa yang tangguh. 9. Memiliki kesanggupan mengorganisasi atau integrasi dengan software lain. 10. SIG mampu menginterpretasi data kedalam beberapa versi mirip diagram, grafik, peta dan lainnya. 11. SIG bisa menjawab pertanyaan dan memecahkan duduk perkara dengan cara mengecek data secara otomatis dan mempunyai arti
Kelemahan SIG 1. SIG ialah software yang relatif mahal. 2. Membutuhkan jumlah data yang banyak dan sering kali eror. 3. Resolusi gambar kadang buram. 4. Dapat merusak privasi seseorang. 5. Biaya perawatan SIG sangat tidak murah. 6. Memerlukan tenaga ahli yang betul-betul handal. 7. Seringkali dipakai untuk memunculkan isu hoax tentang suatu lokasi. 8. Memerlukan komputer yang sangat cepat dan mutakhir. 9. Tidak semua komputer support SIG kareana ada sekurang-kurangnyarequirenments nya. 10. Selalu mesti update data waktu ke waktu yang mengkonsumsi memori sebuah hardware.
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan SIG, namun selaku pengguna kita pasti sungguh terbantu sekali dengan kehadiran SIG ini. 

Baca juga:
Menghitung kekuatan interaksi tempat
Peta 34 propinsi di Indonesia dan ibukotanya
Gambar: disini