Blogger Jateng

Bagaimana Polusi Cahaya Mempengaruhi Lingkungan

Polusi merupakan persoalan biasa kehidupan di periode milenial ini. Salah satu jenis polusi yang sekarang menjadi bahaya konkret ialah polusi cahaya. 

Polusi cahaya banyak didapatkan di tempat konsentrasi penduduk sebab penggunaan lampu di malam hari seperti lampu penerangan jalan, area biasa , rumah, sampai perkantoran. 

Sebagian besar penduduk tentu saja tidak paham perihal efek dari polusi cahaya. Polusi cahaya sukar didefinisikan secara jelas alasannya adalah penduduk banyak menilai cahaya selaku suatu keindahan dan terkait nilai estetika saja.

Baca juga:
Sifat fisika atmsosfer bumi
Kerusakan lingkungan balasan aktifitas insan
Sebenarnya dalam geografi, kegelapan tidak selalui dikaitkan dengan kualitas kasatmata dari kaum urban. Beberapa andal geografi banyak menerangkan saat ini bahwa polusi cahaya mempunyai imbas merugikan bagi beberapa bagian lingkungan lain tergolong observasi astronomi.
Polusi merupakan permasalahan umum kehidupan di era milenial ini Bagaimana Polusi Cahaya Mempengaruhi Lingkungan
Polusi cahaya lampu di perkotaan
Dampak Polusi Cahaya Bagi Kesehatan Polusi cahaya memiliki imbas bagi kesehatan dan lingkungan, mirip menggangu kualitas tidur, menyebarkan resiko kanker, membahayakan perilaku hewan tergolong migrasi binatang. 

Studi kesehatan terbaru memberikan ada peningkatan 110% kemungkinan kanker prostat di negara dengan tingkat polusi cahaya yang tinggi. Pencahayaan di perkotaa memang diharapkan untuk menunjang kehidupan masyarakatdan menghemat kriminalitas, namun harus diminimalisir pengaruh negatif nya bagi lingkungan. 

Terlalu banyak melihat lampu atau cahaya yang silau akan menghancurkan mata dan membuat kepala sakit kepala. Baca juga: Kunci tanggapan OSK Geografi
Dampak Polusi Cahaya Terhadap Migrasi Hewan Bagi binatang, gangguan polusi cahaya mungkin cukup signifikan dan mengancam beberapa spesies mirip burung yang bermigrasi. Migrasi burung mengalami perubahan teladan karena imbas polusi cahaya di perkotaan utamanya burung muda.

Spesies kelelawar di Eropa juga terpengaruh sebab polusi cahaya dan membuat perilaku mereka berubah. 
Konsevasi dan Polusi Cahaya Saat ini kampanye untuk menawarkan santunan situs warisan dunia kepada polusi cahaya kian gencar. Aktifis menilai beberapa daerah perlu kegelapan untuk menunjang fungsinya mirip observatorium. 

Pengamatan benda langit tidak akan sempurna jika cahaya di sekeliling langit terlalu terang. Inilah mengapa observatorium dikala ini banyak dibangun di tempat terpencil yang jauh dari pusat penduduk.

 Polusi cahaya memang belum banyak dipahami penduduk , tetapi hal ini mesti menjadi perhatian sebab selain mengganti perilaku hewan, radiasi cahaya yang terlalu tinggi juga menghipnotis tingkat kesehatan penduduk.

Lampu-lampu di perkotaan harus difokuskan supaya tidak menyebar ke segala arah sehingga meminimalisir radiasi.
Gambar: disini