Blogger Jateng

Sejarah Cryptocurrency dan Bitcoin

Bitcoin, ungkapan ini mungkin bagi kebanyakan orang masih awan tetapi untuk sebagian orang menjadi suatu yang dikejar . Lalu apa itu sebetulnya bitcoin dan cryptocurrency itu?.

Bitcoin ialah mata uang virtual di dunia maya. Mata uang ini telah muncul dalam beberapa tahun  dan banyak orang mengajukan pertanyaan tentang bitcoin dikala ini sebab nilainya yang makin menakjubkan. 

Satu keping bitcoin kini menyentuh ratusan juta rupiah. Lalu bagaimana kurun depan bitcoin dan bagaimana sejarah sepak terjangnya?. Saya akan ulas sedikit di postingan ini.
Cryptocurrency hanyalah suatu barisan arahan komputer yang memiliki nilai moneter. Garis aba-aba ini dibentuk oleh listrik dan komputer berkemampuan sangat tinggi. Bagaimana, jadi kini listrik dan komputer bisa punya nilai jual seperti mata duit. 

Cryptocurrency atau mata uang virtual merupakan duit digital publik yang dibuat dengan perkiraan matematis yang teliti dan diawasi oleh jutaan pengguna komputer yang disebut "miners" atau penambang. Kaprikornus ini mata uang bersifat ghoib alias gak bisa kita lihat dan pegang. 
Crypto berasal dari kriptografi adalah suatu proses keamanan yang digunakan untuk melindungi transaksi dengan mengantarkan kode untuk pembelian. 

Kriptografi juga mengatur terciptanya "koin" gres, ialah perumpamaan yang digunakan untuk menggambarkan jumlah aba-aba tertentu.
Pemerintah tidak memiliki kontrol atas terciptanya kripto-kripto yang sekarang makin terkenal. Sebagian besar kripto diawali dengan sebuah cap pasar yang artinya buatan akan menurun seiring waktu dan bikin koin lain lebih bernilai jual di kurun depan.
 istilah ini mungkin bagi kebanyakan orang masih awan namun Sejarah Cryptocurrency dan Bitcoin
Bitcoin, mata duit virtual yang sedang booming
Bitcoin adalah mata duit kriptocoin pertama yang pernah ditemukan. Tidak ada yang tahu persis siapa yang menciptakannya alias anonymous. Namun bitcoin pertama kali timbul pada 2009 oleh seorang pengembang yang bernama Satoshi Nakamoto tetapi menghilang dan meninggalkan bitcoin kemudian.
Salah satu kelebihan bitcoin adalah ia mampu disimpan seara offline pada hardware setempat seseorang. Proses itu dinamakan cold storage dan melindungi bitcoin dari ancaman maling. Jika bitcoin disimpan di internet maka resiko dihack akan tinggi. 

Di segi lain jika seseorang kehilangan akses ke perangkat keras berisi bitcoin maka mata uangnya akan lenyap selamanya. Diperkirakan sekitar 30 miliar dollar bitcoin telah hilang pada beberapa miners.  

Meski riskan tinggi, bitcoin sekarang terus menjadi sentra perhatian dan menjadi sasaran beberapa orang untuk mendapatkan duit instan.
Bitcoin sungguh-sungguh uang virtual dan dirancang mampu berdiri diatas kaki sendiri terhadap nilai jualnya tanpa pinjaman bank untuk memindahkan uangnya. Jika anda punya bitcoin, maka ia akan punya sifat seperti batangan emas, mereka punya nilai dan bisa dijual langsung oleh anda. Anda dapat membeli barang dan layanan secara online atau menyimpannya agar nilainya berkembangsepanjang tahun. 

Bitcoin diperdagangkan dari satu 'dompet' ke dompet lain. Dompet yakni database eksklusif kecil anda yang disimpan di drive komputer, ponsel pintar, tablet atau di cloud storage. Bitcoin tahan pemalsuan alasannya adalah terbuat dari komputasi rumit dan susah untuk memanipulasinya. So saat ini kita telah dihadapkan pada suatu hal yang maya untuk ditukar dalam kondisi faktual. 
Gambar: disini