Blogger Jateng

Majalengka Kota Seribu Telaga

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata Majalengka?. Bandara gres?. Tentu saja gosip wacana kedatangan Bandara Internasional di Majalengka akan mempercepat kemajuan kota kecil ini. 

Namun kali ini saya tidak akan diskusikan perihal bandara, namun lebih kepada kesempatanrekreasi alamnya. Judul Majalengka kota seribu telaga mungkin terdengar ajaib, namun memang begitu adanya alasannya adalah kota kecil ini mempunyai banyak sekali telaga-telaga jernih yang menjadi daya tarik rekreasi.
Majalengka terletak di kawasan stress pegunungan tengah Jawa Barat sehingga membuat wilayahnya berbukit-bukit. Selain itu di segi timur, kehadiran Gunung Ciremai yang menjulang tinggi menjadi salah satu sumber mata air yang mengalir ke semua penjuru kawasan. Wajar saja jikalau pertanian di kabupaten ini menjadi sektor andalan sebab kondisi pengairan yang sangat manis.

Dahulu kota Majalengka mungkin belum begitu populer sebab aksesnya yang hanya tidak begitu terbuka. Dampaknya ialah kemajuan kota ini tidak sepesat kota lain. Namun imbas lain adalah kota ini tetap asri dan menjadi lokasi pensiun yang tepat. 

Kini Majalengka bersiap menjadi kutub pertumbuhan baru seiring dibukanya saluran Tol Cipali dan Cisumdawu nantinya, kemudian Bandara Internasional Kertajati yang beberapa waktu ke depan akan menjadi pintu gerbang Jawa Barat.
Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata Majalengka Majalengka Kota Seribu Telaga
Telaga Herang di perbukitan yang sejuk
Lanjut lagi ke bahasan tentang telaga. Telaga ialah fenomena cekungan berisi air tawar yang terbentuk secara alami. Majalengka memiliki telaga-telaga berair jernih dan sejuk di kawasan perbukitan. 

Batuan vulkanik dan dikombinasikan dengan air dari mata air Ciremai membuat telaga-telaga di kota ini sangat jernih. Saya telah beberapa kali mendatangi telaga di Majalengka dan memang tidak ada duanya. 

Saya percaya saat piknik datang, telaga-telaga ini akan pesat oleh hadirin yang ingin merasakan kesejukan alam menghilangkan kepenatan kota. 
Lalu dimana saja lokasi telaga lembap jernih yang terkenal di Majalengka dan sekitarnya?. 1. Telaga Herang link peta >>>disini 2. Telaga Nila link peta >>>disini 3. Telaga Remis link peta >>>disini 4. Telaga Situ Cipanten link peta >>>disini 5. Telaga Situ Sanghiang link peta >>>disini 6. Telaga Nilem link peta >>>disini 7. Telaga Cikahalang link peta >>>disini 
Kehadiran tol Cipali menciptakan Majalengka kini telah mampu diakses dengan segera dari Jakarta dan sekitarnya. Hotel-hotel baru juga mulai berkembang di kota kecil ini. 

Kaprikornus bagi yang bingung piknik nanti mau kemana, mampir saja ke Majalengka menyusuri keindahan alam dan sejuknya telaga-telaga lembap jernih.  

Baca juga: Terasering Panyaweuyan Majalengka Saingan Subak Bali