Blogger Jateng

Langkah-Langkah Penilaian Portofolio

Penilaian portofolio ialah evaluasi atas kumpulan artefak yang memperlihatkan pertumbuhan dan dihargai selaku hasi kerja dari dunia positif. 

Penilaian portofolio bisa berangkat dari hasil kerja siswa secara perorangan atau berkelompok, membutuhkan refleksi akseptor didik dan dievaluasi menurut beberapa dimensi. Langkah-langkah dalam melakukan evaluasi portofolio ialah:
a. Tahap Persiapan 1. Mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang mau diakses dengan evaluasi portofolio. 2. Menjelaskan pada mahasiswa bahwa akan dikerjakan penilaian portofolio, proses yang mesti ditempuh mahasiswa, bila perlu diperlihatkan contohnya. 3. Menjelaskan bab mana, seberapa banyak keinerja dan hasil karya yang secar minimal mesti ditambahkan dalam portofolio, dalam bentuk apa dan bagaimana hasil karya akan diakses. 4. Menjelaskan bagaimana hasil karya mesti dihidangkan.
b. Tahap Pelaksanaan 1. Guru mendorong dan memotivasi siswa 2. Guru mendiskusikan secara berkala dengan mahasiswa wacana proses pembelajaran yang mau menciptakan karya siswa. 3. Memberikan umpan balik secara berkelanjutan. 4. Memamerkan keseluruhan hasil karya siswa yang disimpan dalam portofolio bersama siswa lainnya.
c. Tahap Penilaian 1. Menegakan standar evaluasi bersama-sama atau dengan partisipasi siswa. 2. Kriteria yan disepakati dilakukan secara konsisten oleh dosen dan siswa. 3. Arti penting dari tahap penilaian adalah self assesment yang dilaksanakan oleh mahasiswa. 4. Hasil penilaian dijadikan tujuan batu bagi proses pembelajaran selanjutnya.
Penilaian portofolio merupakan penilaian atas kumpulan artefak yang menunjukkan kemajuan d Langkah-Langkah Penilaian Portofolio
Contoh rubrik portofolio
Sedangkan evaluasi tertulis berbentuk uraian atau esay yang menuntut siswa mampu mengenang, mengetahui, mengorganisasikan, menerapkan, menganalisis, mensistesis, mengevaluasi dan sebagainya atas materi yang sudah dipelajari. 

Tes tertulis sebisa mungkin bersifat komperhensif sehingga mampu menggambarkan ranah perilaku, wawasan dan keterampilan akseptor ajar. 

Buatlah pola studi problem atau berangkat dari fenomena kasatmata di kehidupan lalu siswa diminta membuat evaluasi mendalam ihwal duduk perkara tersebut sampai timbul suatu kesimpulan. Cari info/masalah yang update dan memang menjadi duduk perkara kekinian ketika ini.
Kekuatan penilaian portofolio 1. Sangat baik dikerjakan dalam merefleksikan prestasi dan perkembangan diri siswa. 2. Membantu memotivasi siswa dan lebih melibatkan mereka dalam proses pembelajaran. 3. Meningkatkan kesanggupan siswa untuk menyelidiki kinerja dan produk mereka. 4. Jika penilaian portofolio digunakan dengan baik dan benar, maka mampu memperkuat kekerabatan antara proses pembelajaran dan evaluasi 5. Portofolio dapat meningkatkan komunikasi guru dengan siswa dan orang bau tanah siswa.