Blogger Jateng

Isi dan Sistematika Makalah Geografi

Makalah merupakan salah satu jenis karya tulis yang sering dibuat oleh siswa atau mahasiswa. 

Makalah haru semngandung masalah yang menuntut pemecahan, sistem pemecahan duduk perkara, hasil pemecahan persoalan dan kesimpulan. Lalu bagaimana sistematika makalah geografi itu?. 

Aturan penulisan makalah sama dengan penulisan karya ilmiah. Menurut metode pemecahan masalahnya, makalah dibedakan menjadi makalah deduktif dan makalah induktif. 

Makalah deduktif pemecahan masalahnya didasarkan atas fatwa rasional atau melalui kajian kepustakaan. Makalah induktif pemecahan masalahnya didasarkan pada pedoman empirik melalui data dan fakta yang ditemui di lapangan. 
Setiap makalah harus diberi judul. Judul makalah mesti singkat namun merefleksikan isi yang terkandung di dalamnya. Judul yang terperinci mengacu pada problem. Sistematika makalah geografi secara sederhana yaitu sebagai berikut:
Makalah merupakan salah satu jenis karya tulis yang sering dibuat Isi dan Sistematika Makalah Geografi
Makalah geografi
1. Pendahuluan Pendahuluan dipakai selaku pengirim agar pembaca mempunyai citra ihwal isi makalah itu. Pendahuluan juga mengandung latar belakang, maksud dan tujuan, tata cara dan mekanisme penulisan, isi  makalah dan sumber yang dipakai.
2. Permasalahan Pada bagian ini, dijelaskan pentingya tema atau judul makalah, perumusan problem dalam bentuk pertanyaan yang fundamental (5 W + 1 H) dan batas-batas lingkup persoalan. Batasan dilema mesti jelas agar isi makalah tertaget dan tidak kemana-mana pembahasannya.
3. Pembahasan dilema Dalam bab ini dibahas dan diuraikan secara sistematik beberapa alternatif pemecahan duduk perkara. Argumentasi tanggapan atas setiap pertanyaan yang diajukan juga ada di bab ini. 

makalah deduktif, alternatif jawaban didukung dengan jawaban dari beberapa teori ilmiah dan usulan para andal. Oleh akibatnya perlu disertakan kutipan-kutipan dari berbagai literatur yang dijadikan sumber penulisan. 

Pada makalah induktif, tanggapan didasarkan pada bukti empirik yang diperoleh dari lapangan, baik dari hasil pengamatan sendiri maupun hasil observasi orang lain sebelumnya yang berafiliasi .
4. Simpulan dan anjuran Simpulan adalah sintesis dari semua alternatif balasan yang sudah dibahas. Simpulan bukan ringkasan jawaban tetapi generalisasi dari semua alternatif jawaban. Simpulan harus konsepsional dalam bentuk pertanyaan ilmiah. 

Saran yang diajukan mesti didasarkan apda hasil pembahasan dan selesai bahasan. Saran yang diajukan mesti konsepsional, bukan teknis operasional dan memperhatikan kepada siapa saran itu ditujukan.
Penutup makalah yakni daftar pustaka. Jika ada lampiran gambar, tabel, foto dll ditaruh setelah dafra pustaka. Di bagian permulaan sehabis judul ada absurd, kata pengirim dan daftar isi. Abstrak ialah ikhtisar semua makalah dalam satu halaman.  Gambar: disini