Blogger Jateng

Soal UN Geografi Pengembangan Wilayah dan Cara Menjawabnya

Halo sobat-sahabat mitra bersahabat geografi se tanah air, bagaimana kabarnya hari ini?. Semoga selalu sehat dan tetap produktif. 

Oke kali ini saya akan menawarkan tips bagaimana menjawab soal UN Geografi tentang Pengembangan Wilayah. Soal pengembangan daerah ini masuk pembagian terstruktur mengenai HOTS. 

Pengembangan kawasan intinya dipengaruhi beberapa faktor mirip potensi wilayah, sumber daya manusia dan politik. Dalam soal UN lazimnya kita sering menjumpai soal seperti di bawah ini:

46. Pengembangan kota pada gambar di bawah ini akan lebih pesat pemekarannya ke arah .... alasannya ....
A. 1, udara sejuk
B. 2, lahannya masih luas
C. 3, harga tanah murah
D. 4, tempat maritim
E. 5, pusat aktifitas insan

Jawaban yang paling sempurna yakni E. Mengapa demikian?.

Yang mesti siswa ketahui dalam soal ini yakni akal konkret. Dalam pengembangan/penyusunan rencana pembangunan wilayah maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Pengembang pasti akan lebih memikirkan faktor harga tanah selaku pertimbangan secara umum dikuasai. Namun dilain pihak ada desain dasar yang memang mesti dipatuhi. Contohnya yakni:
1. Jangan membangun di tempat pegunungan alasannya ialah kawasan resapan air
2. Cari kawasan yang relatif datar karena lebih gampang dalam hal konstruksi

Dalam soal di atas tentu akal paling umum adalah daerah industri akan lebih pesat pembangunannya alasannya tergolong daerah kutub kemajuan. 

Daerah kutub perkembangan akan menawan para pekerja, dampak lainnya nanti akan terjadi permintaan pemukiman, kos-kosan, pasar, terminal dll. Contoh nyatas kini yaitu Cikarang dan Karawang. 

Baca juga:  
Soal UN Kependudukan dan cara menjawabnya
Pembahasan soal UN Geografi 2016