Blogger Jateng

Proses Terbentuknya Awan di Langit

Coba kau lihat ke langit saat ini pasti akan ada awan disana bukan?. Awan ialah partikel air dan es yang terlihat melayang di langit. 

Bagaimana proses terbentuknya awan itu sesungguhnya?. Miliaran partikel air dan es tesebar di atmosfer dalam wujud bubuk tipis, asap dan partikel padat lain. Partikel air ini berkumpul membentuk sebuah kumpulan butiran yang lebih besar dan dikenal dengan nama awan. 

Dari permukaan bumi, kita bisa melihat awan dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna tak terbatas. Baca juga: Cara jawab soal pendekatan geografi di UN
Orang yang jago mempelajari atmosfer (tergolong cuaca dan awan didalamnya) disebut ahli meteorologi.  Mereka mampu mengenali awan yang menimbulkan hujan dan kali ini saya akan berikan penjelasan juga untuk mengenali sifat awan tersebut.
Nama Awan Nama awan mampu memberitahukan kita jenis awan dan ketinggian awan tersebut di langit. Banyak dari awan berasal dari bahasa latin. Coba apa saja nama awan yang umum dijumpai di langit?
Cirro artinya lengkungan rambut, tinggi Strato artinya berlapis Cumulo artinya bergerombol Alto artinya menengah Nimbo artinya hujan
Coba kamu lihat ke langit saat ini pasti akan ada awan disana bukan Proses Terbentuknya Awan di Langit
Awan hitam mengandung banyak air
Mengapa warna awan ada yang gelap dan putih? Tetesan air di atmosfer memantulkan sinar matahari. Bila jumlah uap air sedikit maka sedikit cahaya yang dipantulkan dan akibatnya banyak cahaya akan lewat bab bawah awan. 

Saat awan dipenuhi partikel air, semua cahaya akan terpantulkan atau tersebar dan cahaya tidak mampu melalui awan. Dari tanah maka kita akan menyaksikan awan berwarna gelap atau kelabu. Baca juga: Cara menjawab soal prinsip geografi di UN
Bagaimana awan terbentuk di atmosfer? Awan sejatinya terbentuk dari proses kondensasi. Atmosfer tersusun atas berbagai gas tergolong uap air. Terkadang uap air lebih banyak terbentuk dikala terjadi pemanasan. Tumbuhan juga menciptakan uap dari daunnya yang dinamakan transpirasi. 

Uap air naik alasannya adalah udara hangat dan massa jenisnya berkurang dibanding udara acuh taacuh. Selain itu bisa juga sebab massa udara masbodoh yang padat mendorong massa udara hangat. 
Coba kamu lihat ke langit saat ini pasti akan ada awan disana bukan Proses Terbentuknya Awan di Langit
Fase Terbentuknya Awan
Ketika uap air naik ke atmosfer maka ia akan bercampur dengan bubuk, jelaga dan garam yang sungguh kecil. Partikel kecil di atmosfer ini dinamakan aerosol. Partikel air diangkat oleh angin yang besar lengan berkuasa dan arus konvektif. 

Selama naik, awan akan meluas dan mendingin. Proses pendinginan udara hangat ini dinamakan adiabatic cooling. Baca juga: Terbentuknya angin fohn
Saat suhu disekitar awan turun, uap air meraih titik embun kemudian menjelma partikel kristal air dan es yang sungguh kecil. Partikel ini lalu berjumpa aerosol dan bersatu. Makin banyak partikel air dan aerosol bersatu maka awan akan makin terbentuk. Proses ini dinamakan koalesensi. 

Tetesan awan berkisar antara 10 mikron sampai 1 mm. Jika massa awan semakin banyak maka akan hingga pada titik bosan dan muncullah presipitasi. Baca juga: 11 jenis awan gres di bumi
Gambar: disini, disini