Blogger Jateng

Pengertian Politik Menurut Berbagai Ahli Terkenal

Setiap hari pasti kamu akan mendengar kata "politik" terutama di televisi atau media sosial yang lain. Lalu apa itu sebenarnya politik dan mengapa orang begitu benci dengan politik?. 

Politik berasal dari bahasa Yunani "polis" yang bermakna negara kota. Politik yakni program suatu metode negara yang menyangkut proses memilih tujuan dari sistem itu serta melakukan tujuan-tujuan itu. Definisi tadi dikemukakan oleh Prof. Miriam Budihardjo.
Adapun pemahaman metode politik dari berbagai andal adalah selaku berikut: 1. Ramhlah Surbakti Tokoh ini menawarkan lima hal pengertian politik selaku berikut: a. Politik merupakan perjuangan warga negara untuk membicarakan serta mewujudkan kebaikan bareng . b. Politik adalah segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan negara dan pemerintahan. c. Politik adalah segala hal yang diarahkan untuk mencari dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat. d. Politik selaku sebuah aktivitas yang berkaitan dengan perumusan pelaksanaan kebijakan umum. e. Politik sebagai pertentangan dalam rangka mencari dan menjaga sumber-sumber yang dianggap penting.
Setiap hari pasti kamu akan mendengar kata  Pengertian Politik Menurut Berbagai Ahli Terkenal
Politik adalah upaya menghipnotis kebijakan negara

2. Austin Ramney Di dalam bukunya "A Study of The General Election", tokoh ini menunjukkan pengertian politik selaku proses pengerjaan kebijakan pemerintahan atau public policy.
3. Harold D. Laswell Dalam bukunya "On Political Sociology" beliau mengemukakan definisi politik yakni menyangkut penentuan who get what, when dan how.
4. Robert A. Dahl Dalam buku "On Political Equality" ia menyampaikan bahwa tata cara politik ialah teladan yang tetap dari relasi antara manusia serta melibatkan sesuatu yang luas serta mempunyai arti ihwal kekuasaan, aturan dan kewenangan.
5. Drs. Sukarna Dalam buku "Sistem Politik Indonesia" dia memberikan bahwa metode politik ialah sekumpulan pertimbangan , prinsip dan lain-lain yang membentuk satu kesatuan yang saling bekerjasama untuk mengendalikan pemerintahan serta melakukan dan mempertahankan kekuasaan dengan cara mengatur individu atau kelompok individu  dengan negara serta relasi negara dengan negara.
6. Rusdi Kartaprawira Dalam buku "Sistem Politik Indonesia, Suatu Model Pengantar". Ia mengatakan bahwa tata cara politik yaitu mekanisme seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik dalam keterkaitannya satu sama lain yang memperlihatkan sebuah proses tetap.
Berdasarkan beragam definisi diatas, sistem politik mengadakan fungsi-fungsi tertentu dalam penduduk . 

Fungsi tersebut adalah menciptakan keputusan atau kebijaksanaan yang mengikat tentang alokasi dari nilai materil maupun non materil. Keputusan kebijakan ini diarahkan untuk tercapainya tujuan masyarakat. 

Dengan sistem politik maka tujuan penduduk dirumuskan untuk dilakukan oleh keputusan-keputusan budi.
Dalam sebuah metode politik yang kasatmata terjadi adanya input dan output. Input yakni tuntutan dan aspirasi penduduk serta santunan dari penduduk . Sementara output ialah keputusan serta kebijaksanaan pemerintah yang bersifat mengikat.
Gambar: disini