Blogger Jateng

Konsep Ruang dan Region Dalam Geografi

Studi geografi intinya mengkaji benda, tanda-tanda, problem kehidupan dalam ruang yang menyangkut lokasi, penyebaran dan interaksinya satu sama lain. 

Dalam hal ini yang dimaksud dengan ruang yakni bab permukaan bumi yang disebut geosfer. Wujud ruang permukaan bumi berupa 3 dimensi, bentangnya berbentukdaratan dan perairan sedangkan ke arah vertikal berupa lapisan udara. 

Dalam ruang ini benda-benda dan gejalanya terjadi dan tinggal. Berkaitan dengan benda, tanda-tanda dan masalah kehidupan tersebut kita mampu mengartikan bahwa semua hal tersebut ada dalam ruang yang disebut permukaan bumi.
Kembali pada definisi ruang, Norris dan Harring menyatakan bahwa "terrestrial space refers to the three dimensional area centered on the earth's surface in which all material things are contained". 

Ruang yang tiga dimensi di permukaan bumi kita ini beragam dari satu lokasi ke lokasi yang lain (areal differentiation). Perbedaan areal tadi selain sesuai dengan kondisi fisiknya, juga sebagai akhir interelasi dan interaksi  yang terjadi dalam ruang yang bersangkutan. 

Suatu daerah pemukiman, kwasan industri, pedesaan, perkotaan mampu dinyatakan selaku ruang. Pengkajian ruang ddengna pendekatan keruangan ialah salah satu ciri khas geografi.
Salah satu ciri lain geografi adalah pengkajian perihal region adalah suatu ruang di permukaan bumi yang memiliki kenampakan dan ciri khas. Di dalam region ini terjadi interaksi keruangan yang memberikan ciri tertentu terhadap ruang atau region itu. Lalu apa definisi region itu?.
Studi geografi pada dasarnya mengkaji benda Konsep Ruang dan Region Dalam Geografi
Perbedaan region desa dan kota
Hagget mengartikan "regions occupy a central position in geography". Artinya kedudukan region sungguh sentral sehingga pengkajian yang tidak dalam konteks region bukan disebut geografi. 

Lebih lanjut Murphey mengemukakan bahwa sebuah region punya kesatuan ruang yang menawarkan bagian biasa , mampu dinyatakan selaku sebuah area yang sedikit banyak menawarkan karakter penyebaran dan antar kekerabatan yang homogen.
Karakteristik dan homogenitas ini ialah hasil penyebaran, antar hubungan dan interaksi komponen-unsur geografi yang ada dalam runag atau region yang berlangsung. 

Contohnya kita dapat melihat region pemukiman, pertanian, industri, nelayan dan yang lain. Karakteristik region tadi ialah hasil distribusi, interelasi dan interaksi cuaca, iklim, tanah, hidrografi, relief, populasi, budaya dan lainnya. 

Perbedaan huruf region yang bersangkutan merupakan hasil perpaduan integral bagian-komponen geografi yang ada dalam ruang atau region tadi. Artinya region itu berada dalam ruang permukaan bumi, terkotak-kotak oleh sebuah ciri khas.  

Baca juga: Rumus Titik Henti Reilly
Gambar: disini