Blogger Jateng

Kondisi Geografi Indonesia

Indonesia yaitu suatu negara yang membentang di khatulistiwa dengan bentuk kepulauan. Negara kita ini dijuliku jamrud khatulistiwa.

Kondisi geografi Indonesia sangat unik sehingga menjadikannya selaku negara yang memiliki biodiversitas tinggi di dunia. Dalam postingan berikut akan dibahas tentang keadaan lazim geografi Indonesia.
Indonesia adalah sebuah negara yang membentang di khatulistiwa dengan bentuk kepulauan Kondisi Geografi Indonesia
Peta geografi Indonesia
Nama orisinil    : Republik Indonesia Ibukota        : Jakarta Luas wilayah       : 1.860.359,67 km persegi Pemerintahan      : Republik Kemerdekaan      : 17 Agustus 1945 Mata uang           : Rupiah Lagu Kebangsaan : Indonesia Raya
a. Letak dan Batas Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau lebih dari 18.000 dan terletak antara 6 LU - 11 LS dan 95 BT - 141 BT. Posisi Indonesia strategis berada diantara dua benua adalah Asia dan Australia serta diapit dua samudera besar yakni Hindia dan Pasifik. Batas daerah Indonesia yaitu sebagai berikut:
1. Sebelah utara berbatasan dengan Laut Andaman, Selat Malaka, Singapura, Laut Cina Selatan, Filipina dan Samudera Pasifik 2. Sebelah timur memiliki batas dengan Papua Nugini 3. Sebelah selatan memiliki batas dengan Samudera hindia, Timor Leste, Australia dan Laut Arafuru 4. Sebelah barat memiliki batas dengan Samudera Hindia
b. Cuaca dan Iklim Menurut letak lintangnya, Indonesia masuk tipe iklim tropis dan dipengaruhi sirkulasi angin muson barat dan muson timur. Angin muson mengakbatkan trend hujan dan kemarau datang silih berganti di Indonesia. 

Musim hujan lazimnya terjadi di bulan Oktober hingga April (angin muson barat) sementara trend kemarau umumnya datang pada bulan April hingga Oktober (angin muson timur). Peralihan diantara kedua ekspresi dominan tersebut dinamakan demam gosip pancaroba.
Indonesia adalah sebuah negara yang membentang di khatulistiwa dengan bentuk kepulauan Kondisi Geografi Indonesia
Padang sabana tropis Nusa Tenggara
c. Bentang Alam Bentang alam Indonesia sangat beraneka ragam sehingga mengahsilkan iklim mikro di aneka macam tempat. Ada yang terkenal dengan kota hujan, tempat padang rumput, kota angin dan yang lain. 
1. Wilayah Indonesia bab barat berbentukDangkalan Sunda yang dahulu ialah bab benua Asia. Dangkalan Sunda meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan dan pulau/bahari sempit disekitarnya. 

Bentang alam unik berbentukBukit Barisan, Pegunungan Kendeng, Pegunungan Meratus, Dataran Tinggi Gayo, Dataran Tinggi Bandung, Dataran Tinggi Dieng, Sungai Batanghari, Sungai Bengawan Solo, Sungai Barito, Gumuk pasir Parangtritis, Geopark Pegunungan Sewu dan yang lain.
Indonesia adalah sebuah negara yang membentang di khatulistiwa dengan bentuk kepulauan Kondisi Geografi Indonesia
Gunung api purba Nglanggeran
 2. Wilayah Indonesia bab tengah, berupa wilayah peralihan meliputi Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan pulau kecil disekitarnya. Bentang alam berbentukPegunungan Fenema, Pegunungan Takolekaju, Geopark Batur, Gunung Tambora dan lainnya.
3. Wilayah Indonesia bagian timur ialah Dangkalan Sahul yang dahulu merupakan bagian dari Benua Australia. Daerahnya dangkalan Sahulu meliputi Papua dan pulau kecil disekitarnya. Bentang alam unik berbentukPegunungan Jaya Wijaya, Sungai Memberamo dan Digul, Lembah Baliem dan Taman Nasional Wasur.
Indonesia adalah sebuah negara yang membentang di khatulistiwa dengan bentuk kepulauan Kondisi Geografi Indonesia
Piramida masyarakatIndonesia 2017
d. Penduduk Jumlah penduduk Indonesia tahun 2017 menjangkau 263,5 juta jiwa dengan kemajuan diatas 1,5 % per tahun. Secara garis besar masyarakatIndonesia dapat dibagi dalam dua golongan besar adalah suku Melayu di barat dan suku Papua di timur. 

Pulau terpadat yaitu Jawa dan terjarang ialah Papua. Penduduk Indonesia dominan beragama Islam (88%) disusul Nasrani, Protestan, Hindu dan Budha. 
Gambar:  disini disini