Blogger Jateng

Klasifikasi Region Dalam Geografi

Memahami region sungguh penting dalam geografi alasannya kajian utama geografi adalah region-region di permukaan bumi beserta fenomena di dalamnya. 

Pembedaan suatu region dengan region lainnya mampu ditinjau dari beberapa hal selaku ukurannya, fungsinya atau persoalan lainnya. 

Menurut luasnya, suatu benua atau anak benua mampu ditetapkan selaku region, juga area yang lebih sempit seperti desa dan kota mampu dibilang selaku selaku sebuah region. 

Kriteria untuk menentukan sebuah region menurut fugnsinya, dapat diputuskan oleh satu faktor dan dapat pula didasarkan aspek jamak. 
Penentuan suatu daerah sebagai sebuah region khususnya menurut tolok ukur adanya sebuah kesatuan bentuk, kesaruan ruang dan kesatuan fungsi yang mencirikan homogentias selaku hasil distribusi, interelasi dan interaksi komponen-unsur geografi di dalamnya.
Penentuan sebuah areal selaku suatu region berdasarkan aspek tunggal misalnya region atua tempat industri, tempat politik, daerah bahasa, tempat iklim dan yang lain. Melihat acuan tadi maka luas region mampu dibilang beragam. 

Region industri relatif lebih sempit dibandingkan region bahasa atau region iklim. Kawasan Industri Karawang lebih sempit dibanding Kawasan Iklim Tropik di bumi.
Klasifiaksi daerah atau wilayah seperti tempat perkotaan, tempat pedesaan, daerah Indonesia cuilan Barat, Indonesia bagian Tengah dan Indonesia kepingan Timur kriterianya tidak hanya satu melainkan banyak. 

Perbedaan antara daerah perkotaan dengan pedesaan mencakup keadaan fisik, sosial dan budaya. Wilayah Indonesia barat, tengah dan timur mencakup kondisi geologi, vegetasi, fauna, kedalaman maritim, iklim dan yang lain.
Memahami region sangat penting dalam geografi karena kajian utama geografi adalah region Klasifikasi Region Dalam Geografi
Kota Jogja pusat pendidikan dan budaya
Suatu region terhadap region yang lain susah ditentukan batasnya alasannya adalah ada pecahan-bagian yang bertampalan tetapi kita masih bisa mendapatkan inti region atau sentra region tersebut. 

Suatu region meningkat pada ruang atas dasar faktor tertentu misal kesuburan tanah, lembah sungai, pertemuan atau persimpangan jalan, acara ekonomi, politik dan yang lain. 

Dengan demikian inti region dapat kita tentukan. Kepadatan masyarakatdan acara budaya juga mampu merupakan salah satu ciri selaku arahan inti dari suatu region. Baca juga: Macam-macam proyeksi peta
Suatu region mirip telah dikemukan diatas merupakan satu kesatuan baik kesatuan ruan, fungsi  ddan bentuk. Suatu region ialah suatu tata cara keruangan yang menyatukan komponen fisik dan non fisik, unsur ekonomi dengan non ekonomi, unsur manusia dan non insan dan yang lain. 

Hanya saja pasti pada suatu regioan ada bagian yang lebih dominan dari yang yang lain sehingga region tersebut terkenal sebab faktor secara umum dikuasai tersebut. Contoh Kota Jogja populer dengan kota budaya dan pendidikan, tetapi apakah tidak ada aktivitas ekonomi mirip industri di sana?. 

Tentu ada namun faktor pendidikan dan budaya lebih mayoritas dibandingkan sektor industrinya.
Gambar: disini