Blogger Jateng

Identifikasi Bentang Budaya Pada Citra Inderaja

Produk dari inderaja ialah citra yang kemudian akan diinterpretasi oleh ahlinya. Bentang budaya yakni salah satu acuan fenomena yang mesti diinterpretasi dalam inderaja. 

Bentang budaya yakni bangunan yang dibuat oleh insan. Identifikasi bentang budaya pada citra diantaranya yaitu selaku berikut:
a. Bangunan Dapat dikenali lewat bentuk, ukuran dan bayangan yang timbul di citra. Pada citra, rumah akan terlihat berskala kecil dengan acuan kotak-kotak,warna genteng oranye atua merah, gedung sekolah akan relatif memanjang berbentuk persegi panjang.

 Bandara akan terlihat lebih luas dengan landasan pacu yang terlihat memanjang. Menara akan terlihat jelas kalau terdapat bayangan (citra miring).
b. Jalan Dapat diketahui dengan warna yang agak kelabu dengan bentuk memanjang dan seragam. Jalan tol tampaklebih lebar dibanding jalan raya kota. Jalan kereta api akan lebih gelap dengan lebar sempit dan lurus. 
c. Pertanian Persawahan akan tampakdengan bentuk yang bersiklus seperti kotak-kota dengan warna hijau muda (jikalau diambil pada saat demam berita tanam). Kebun sawit akan tampakberpola seragam dengan tajuk seperti bintang dari atas. 

Perkbunan teh akan tampakberwarna hijau seragam dan luas dengan situs pegunungan. Tambak ikan akan tampakberupa kotak-kota dengan warna agak gelap.
Produk dari inderaja adalah citra yang kemudian akan diinterpretasi oleh ahlinya Identifikasi Bentang Budaya Pada Citra Inderaja
Contoh kenampakan pelabuhan dalam gambaran inderaja
d. Perumahan Perumahan akan terlihat memiliki contoh relatif seragam, ukuran sama dan bergerombol. 
e. Perkantoran Gedung perkantoran akan terlihat beragam namun relatif memanjang, kotak atau bulat dari atas. Selain itu disekitarnya lazimnya ada taman atau jalan raya.
f. Terowongan Dapat dikenalai dengan bentuk memanjang, lebar seragam dan memotong jalan raya atau rel kereta api.
g. Waduk Waduk khususnya bikinan bisa terlihat dari adanya pintu air yang terlihat lurus dan adanya gedung pengatur kontrol air.
h. Jembatan Jembatan bisa dimengerti dengan bentuk memanjang di atas lembah, sungai dan memangkas jalan atau rel kereta.
i. Landasan pacu Landasan pacu pesawat melayang mampu dilihat dari lebar seragam dan panjang dengan rona kelabu. Selain itu terdapat bangunan terminal di sekitarnya.
j. Pelabuhan Pelabuhan mampu diketahui alasannya adalah situsnya dekat maritim dengan asosiasi kapal-kapal di sekitarnya. Bisa juga terdapat gugusan peti kemas berbentuk kotak kecil memanjang.
Itulah beberapa pola bentang budaya yang mampu terekam gambaran beserta ciri yang nampak didalamnya. 
Gambar: disini