Blogger Jateng

Definisi Bencana Kekeringan

Kekeringan atau drought selalu susah untuk didefinisikan alasannya sering digunakan dalam banyak sekali jenis konteks. Bencana kekeringan sering muncul disaat mulut lebih banyak didominasi kemarau.

Secara sederhana, ketiadaan air dalam jangka waktu lama di suatu tempat dapat dibilang tidak masuk akal dari lazimnya , mampu dikatakan mengalami kekeringan. Distribusi air di permukaan bumi tidaklah merata meskipun volume air di bumi tetap. 

Beberapa lokasi mempunyai banyak air tawar mirip danau, sungai, laguna, kolam dan lainnya yang terus diisi ulang oleh curah hujan, limpasan dan air bawah tanah. Sementara di kawasan lain dikenal memiliki jumlah air sangat minim. Baca juga: Faktor penyebab peristiwa kekeringan
Oleh balasannya, jika sebuah kawasan lazimnya mempunyai curah hujan tinggi kemudian tiada hujan dalam beberapa minggu sehingga insan, tanaman dan hewan mengalami kelemahan air, itu bisa dikatakan kekeringan. 

Pada ketika yang sama kondisi ini mungkin sangat normal untuk lokasi yang  sukar air dan selama beberapa bulan tanpa hujan pun itu yaitu masuk akal .
selalu sulit untuk didefinisikan karena sering digunakan dalam berbagai jenis konteks Definisi Bencana Kekeringan
Kekeringan menyebabkan kegiatan pertanian terusik
"petani mengeluh kelembaban tanah sangat minim dan mensugesti abad tanam, ini dikatakan kekeringan". "mahir cuaca memberikan kekeringan jikalau dalam rentang waktu relatif lama tidak ada curah hujan dalam sebuah kawasan" "hebat hidrologi melihat tidak ada fatwa permukaan di sungai atau akses air lain, ini bisa dikatakan kekeringan"
Dengan aliran di atas, kita mampu menggambarkan kekeringan selaku suatu fenomena suatu daerah yang mengalami ketidakcukupan air dalam rentang waktu relatif usang yang menghipnotis kehidupan mahluk di dalamnya.
Kekeringan mungkin tidak menjadi dilema serius cuma alasannya kurangnya atau tidak adanya presipitasi. Namun ini bisa menjadi persoalan bila mulai mensugesti persediaan air untuk beragam fungsi seperti irigasi, kota, industri, energi dan ekosistem.
Manusia sering tidak melihat kekeringan seperti peristiwa lain adalah topan, angin tornado atau banjir alasannya adalah sifatnya yang tidak menghancurkan sekaligus. Namun dalam rentang waktu usang yang berkesinambungan, kekeringan bisa mengakibatkan kerusakan serius dan mengancam kehidupan insan dan mahluk lainnya. 

Di Indonesia tempat yang rawan kekeringan yakni daerah mirip karst di Gunung Kidul dan tempat di Nusa Tenggara yang memiliki curah hujan rendah. Baca juga: Ayat quran terkait geografi
Gambar: disini