Blogger Jateng

Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Kehidupan

Pencemaran lingkungan sekarang telah bukan lagi sebuah fenomena yang luar biasa dikarenakan telah lazimterjadi dimana-mana. 

Perkembangan teknologi dan peradaban manusia yang pesat membuat limbah sekarang meracuni semua area permukaan bumi. Pencemaran berasal dari program rumah tangga, industri hingga kendaran bermotor. 

Dampak penceamaran industri ini sangat berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan mahluk hidup diantaranya:
a. Kepunahan Tentu saja yang namanya polutan alias zat pencemar sungguh berbahaya bagi mahluk hidup. Polutan mampu meracuni banyak sekali jenis hewan dan mematikannya. Setiap hewan punya kekebalan berlainan terhadpa polutan ini. 

Larva akan sungguh rentan kepada polutan. Memang ada binatang yang tahan kepada pencemaran tetapi jikalau sudha melebihi batas maka akan berlanjut kepada akhir hayat. Baca juga: Genesa batuan beku
Beberapa spesies burung kini mengalami penurunan populasi alasannya insektisida. Insektisida meracuni telurdan menghambat kemajuan sel didalamnya sebab induk burung mengkonsumsi serangga yang sudah teracuni.
b. Ledakan Hama Insektisida disatu sisi membunuh predator tananam namun pengaruh yang lain aneka macam jenis hama akan membludak populasinya. Penggunaan insektisida membuat hama lambat laun akan beradaptasi dan kebal terhadap insektisida.
Pencemaran lingkungan kini sudah bukan lagi suatu fenomena yang luar biasa karena sudah bi Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Kehidupan
Pencemaran merusak lingkungan
c. Gangguan Lingkungan Hilangnya satu spesies dalam ekosistem akan memiliki efek pada pergantian jaring masakan, rantia masakan dan fatwa energi di dalamnya sehingga keseimbangan ekosistem akan terusik.
d. Menurunya Kesuburan Tanah Penggunaan insektisida akan mematikan biota tanah dan efek yang lain ialah kesuburan tanah akan menurun. Penggunaan pupuk yang lama membuat tanah menjadi asam dan tidak subur. 

Untuk mengatasinya bisa dengan mengganti pupuk dengna tipe pupuk kandang atau crop rotation farming.
Rotasi tanaman menghalangi pengambilan unsur hara berlebihan. Hujan asam juga bisa melarutkan bab hara tanah sehingga menciptakan tanah tandus.
e. Pandemi Penyakit Jika kita mengonsumsi produk pertanian yang terkontaminasi maka badan akan rentan terhadap penyakit. Berbagai kerusakna organ tubuh mampu terjadi dalam jangka panjang sebab efek polutan yang masih dalam tubuh.
f. Pemekatan Hayati Merupakan proses peningkatan materi pencemar lewat mahluk hidup. Contoh kalau bahan pencemar terserap ganggang di maritim maka kadarnya berkembangratusan bahkan ribuan kali. Ganggang lalu disantap ikna, maka kadar pencemar dalam ikan akan lebih tinggi lagi. 
g. Lubang Ozon dan Global Warming Peningkatan zat pencemar di udara alasannya adalah polusi tentu akan membuat imbas rumah beling meningkat. Dampak lanjutan adalah lubang ozon makin besar dan global warming terjadi. 

Lapisan es di kutub dan di pegunungan mulai mencair dan menyebarkan permukaan air maritim. Kota-kota pinggir pantai mulai terancam.
Gambar: disini