Blogger Jateng

Contoh Soal Pretest PPG Geografi 2017

Assalamualaikum wr.wb. Salam makmur bagi kita semua guru Indonesia. Langsung saja kali ini saya akan membuatkan sedikit pengalaman menjawab acuan soal Pretest PPG Geografi tadi pagi. 

Mumpung masih panas di otak aku dan mudah-mudahan mampu menunjukkan pencerahan bagi guru yang belum mengikuti PPG semoga siap-siap. 
Pretest PPG Geografi kali ini berdasarkan aku ada sedikit perbedaan dengan Pretest UKG sebelumnya yang pernah aku ikuti. Soal kali ini lebih kepada mengevaluasi suatu fenomena, jadi levelnya lebih berat. 

Ada beberapa soal teori tetapi lebih banyak didominasi tipe terapan. Ada beberapa soal yang masih saya ingat, berikut contohnya aku berikan supaya sahabat-sobat bisa antisipasi lebih matang. Saya sertakan juga tanggapan aku, tetapi kalau salah mohon dikoreksi saja alasannya adalah aku juga tidak paham akhir tentu saja.
 Salam sejahtera bagi kita semua guru Indonesia Contoh Soal Pretest PPG Geografi 2017
Guru serius sedang Pretest PPG
1. Fenomena banjir besar lebih rentan terjadi pada sungai dengan pola anutan.... a. dendritik b. paralel c. radial d. trelis e. rectangular
Jawaban aku sih B, dengan asumsi di paralel di tempat perbukitan memanjang jadi rentan banjir besar atau bandang dalam pikiran aku.
2. Pendekatan yang digunakan untuk mengkaji kesempatanrekreasi di Pulau Bali dan Pulau Derawan yakni.... a. keruangan b. kewilayahan c. ekologi d. distribusi e. korologi
Jawaban aku sih B, alasannya adalah ada dua kawasan yang harus dianalisa
3. Faktor alami yang mempengaruhi pengembangan wilayah dalam hal angkutandan telekomunikasi yakni.... a. fisiografi b. iklim c. budaya d. curah hujan e. jenis tanah
Jawaban saya fisiografi, argumentasi karena konstruksi jalan dipengaruhi oleh fisik kawasan
4. Propinsi dengan kesempatanminyak/gas (lupa lagi) paling besar di Indonesia yakni...
a. Sumatera tengah
b. Jawa timur
c. Sulawesi Selatan
d. Kalimantan barat
e. Sumatera selatan

Jawaban saya Jawa timur, ngasal aja sebab saya gak tahu data persisnya. he

5. Fenomena arus urbanisasi ke Jakarta dapat dikaji memakai prinsip geografi....
a. distribusi
b. interelasi
c. korologi
d. deskripsi
e. keruangan

Jawaban aku deskripsi, alasannya adalah untuk melihat lebih jelas harus menyaksikan data statistik. Misal sebelum lebaran ada berapa masyarakatjakarat, lalu sesudah idul fitri jadi berapa. Dari sana kita tahu angka pertambahannya. Ini sih pedoman saya saja, gak tahu kunci akibat nya mah.

Soal-soal yang lain memang masih banyak lagi tetapi persisnya saya lupa. Total soal 56 item. Yang saya ingat adalah beberapa poin berikut yang harus anda baca dan anda ketahui. Ini adalah materi yang berdasarkan saya paling susah. Ada juga membaca data statistik kemudian menyimpulkan kebijakan yang harus dilakukan (Tipe soal HOTS). Pokonya secara umum dikuasai soal tipe HOTS.
1. Rumus gradien termis/penurunan suhu di troposfer, baca di postingan berikut 2. Menghitung Pertumbuhan Penduduk baca di link berikut 3. Konsep evaluasi SIG overlay, buffering, klasifikasi dll 4. Konsep komponen spasial citra inderaja 5. Pembangunan berkesinambungan 6. Upaya konservasi tanah, baca di link berikut 7. Pergerakan angin muson, baca di link berikut 8. Persebaran fauna dunia Wallace
Itu saja materi yang saya ingat, sisanya hampir sama dengan bahan di kurikulum geografi SMA. Intinya banyak-banyak saja membaca, dan jika telah pernah ngajar semua level kelas insaallah pasti mampu. Terimakasih. selamat berjuang. Ada 4 tipe soal yakni geografi, pedagogik, TPA dan satu lagi lupa. Sisanya nanti saya akan tulis lagi misalnya.
Gambar: disini 

Baca juga: RPP Geografi K 13 Full