Blogger Jateng

RPP Kurikulum 2013 Geografi SMA Kelas X, XI, XII Revisi

Halo sahabat-teman sekalian, kali ini saya akan bagikan pola RPP Geografi Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi dari kelas XI, XI dan XII. 

Seperti yang sudah dimengerti bahwa materi geografi di Sekolah Menengan Atas ada sedikit perubahan di silabus dan dampaknya yaitu kita harus buat RPP yang baru lagi.

 Sebelumnya aku bagikan RPP yang aku bisa dari sobat-sahabat saya di MGMP Geografi Bekasi, saya perlihatkan dahulu gambaran ruang lingkup bahan geografi SMA di K13 tahun ini di tabel bawah. 

Sekedar informasi bahwa memang ada beberapa pergeseran sedikit dalam sebaran bahan geografi untuk SMA dimana materi Peta, PJ, SIG dibagi menjadi model teori di kelas X dan aplikasi di kelas XII. 

Selain itu materi kemaritiman dan ketahanan pangan juga disertakan di kelas XI. Menurut saya format RPP Indonesia ini ribet dan isinya terlalu banyak, menguras waktu guru. 

Saya bandingkan dengan RPP dari mancanegara, sungguh simple sekali. Guru-guru dari mancanegara tidak dicekoki format lesson plan seribet Indonesia. Tapi ya sudahlah, silahkan copy dan edit saja secukupnya. Share postingan dan blog ini kalau berfaedah ya.

INFO UPDATE BUAT ILMUGURU Sekolah Menengan Atas Mau pesan buku paket geografi Sekolah Menengan Atas Kelas X, XI dan XII karya aku (Mr. Agnas Setiawan)??? CEK DISINI  (Cetakan pertama, stok terbatas)
INFO ANYAR BUAT SISWA!
Anak/Siswa/i bapak/ibu masih sulit mengetahui pelajaran?
Mau cari bimbel tetapi malas ke luar rumah?
Gabung quipper yuk kini, ada dikon 30% lho di bulan Februari!
BACA JUGA: 4 karena pelajaran geografi membosankan di kelas, mau tahu? LINK DONWLOAD: RPP GEOGRAFI FULL K 13 REVISI
DOWNLOAD UPDATE : SILABUS SEJARAH K13 REVISI
Ruang Lingkup Materi Sebaran Materi Pokok
1.   Literasi keruangan dan kemampuan geografi 1.      Pengetahuan dasar geografi
2.   Geografi fisik 2.      Dinamika planet Bumi selaku ruang kehidupan 3.      Dinamika litosfer 4.      Dinamika atmosfer 5.      Dinamika hidrosfer 6.      Flora dan fauna Indonesia dan dunia
3.   Geografi manusia 7.      Dinamika kependudukan di Indonesia 8.      Keragaman budaya bangsa selaku identitas nasional
4.   Interaksi lingkungan 9.      Kondisi tempat Indonesia 10.   Sebaran sumber daya alam Indonesia 11.   Mitigasi serta adaptasi bencana alam
5.   Geografi regional 12.   Konsep tempat dan pewilayahan 13.   Pola persebaran dan interaksi spasial desa-kota 14.   Regionalisasi fenomena geografi di dunia
6.   Pemanfaatan geografi 15.   Pemanfaatan peta 16.   Pengindraan jauh 17.   Sistem Informasi Geografis (SIG)
7.   Koneksi global dan pengelolaan pergeseran 18.   Kerja sama negara maju dan berkembang