Blogger Jateng

Pekerjaan Lulusan Sarjana Geografi Apa Saja?

Mungkin banyak para mahasiswa yang mengajukan pertanyaan "pekerjaan apa sih yang dilaksanakan oleh sarjana geografi?". 

Sebenarnya ada banyak opsi karir memiliki peluang bagi para lulusan geografi. Geografi yaitu jurusan yang mengajarkan siswa keterampilan yang cukup dibutuhkan di pasar kerja saat ini. 

Kemampuan komputer, riset, evaluasi diharapkan seorang sarjana geografi. Meskipun tidak banyak pekerjaan yang bertitel 'geografer' namun ada banyak posisi yang tepat dengan bidang geografi. 
Perencana Tata Kota Geografi sangat erat dengan penyusunan rencana daerah terutama tata kota. Ahli tata kota bertugas menciptakan zonasi, penggunaan lahan, pengembangan, dari mulai renovasi salah satu bangunan mirip terminal, stasiun, bandara hingg merencanakan suatu kota baru. 

Anda mampu melaksanakan pekerjaan dengan pemilik properti, pengembang dan pejabat lain. Jika kamu tertarik merancang sebuah daerah maka kau bisa masuk jurusan tata kota atau penyusunan rencana daerah.
Kartografer Bagi kau yang hobi bikin peta maka kamu dapat menjadi seorang kartografer tangguh. Berbagai media penerbit buku, atlas, instansi pemerintah hingga BIG membutuhkan kemampuan peta. 
Spesialis SIG Saat ini pemerintah kawasan, badan pemerintah dan perusahaan swasta banyak membutuhkan profesional SIG/GIS. Kursus dan magang GIS sungguh penting untuk mendapatkan lisensi. Kemampuan komputer dan teknik pemetaan digital yang handal banyak dibutuhkan dikala ini.
Ahli Cuaca Badan pemerintah seperti BMKG atau swasta lain kini makin sibuk menyiarkan kabar cuaca harian hingga tahunan. Bidang meteorologi dan klimatologi memang memerlukan keterampilan khusus dalam mengetahui tanda-tanda cuaca dan menganalisanya sebelum menjadi produk penduduk . Kamu mampu masuk ke sekolah BMKG jika ingin berkarir disini.
Mungkin banyak para mahasiswa yang bertanya  Pekerjaan Lulusan Sarjana Geografi Apa Saja?
Lapangan kerja bidang geografi cukup luas
Ahli Transportasi Seperti halnya andal tata kota, manajeman jaringan angkutanjuga diharapkan dalam menunjang pelayanan penduduk . Perkembangan kota yang cepat menciptakan seorang ahli administrasi transportasi diperlukan untuk mengatur denah tata ruang kemudian lintas yang tangguh.
Manajemen Lingkungan Berbagai problem lingkungan sekarang melanda bumi sebab peradaban manusia. Disinilah diharapkan seorang ahli penilaian lingkungan, pembersih, analis lingkungan yang handal. Berbagai perusahaan swasta berbasis lingkungan sekarang bermunculan dan menghendaki santunan skill para hebat lingkungan.
Peneliti/Penulis Selama beberapa tahun anda kuliah pasti banyak menghabiskan waktu untuk berbagi kesanggupan menulis khususnya riset. Pertimbangan karir selaku penulis sains atau travel writer untuk majalah/koran bisa menjadi alternatif lulusan sarjana geografi.
Guru Pengetahuan geografi di sekolah/kuliah tentu memerlukan seorang guru/dosen yang tangguh menguasai bahan geografi. Kamu mampu menjadi ILMUGURU terbaik atau terus menjadi profesor di bidang geografi untuk meningkatkan kesanggupan geografi dan mentransfernya ke siswa. 
Surveyor Kini berbagai lowongan surveyor perusahaan-perusahaan besar. Disini sarjana geografi atau geologi diperlukan untuk mencari tahun keterdapatan suatu lokasi mineral atau penentuan lokasi tambang.
Vulkanolog Mengingat Indonesia banyak dihuni gunung api maka pasti memerlukan pengawasan oleh jago terkait. Dalam hal ini seorang vulkanolog handal diperlukan untuk menjaga gunung-gunung api Indonesia.
Manajemen Bencana Saat ini kerentanan insiden geologi makin tinggi maka Badan Bencana Daerah Nasional sekarang mulai mencari bibit-bibit para petarung handal yang siap untuk mengurus mitigasi peristiwa di setiap lokasi.
Guide tourism Potensi rekreasi yang kian berkembang di setiap daerah membuat banyak turis setempat dan mancanegara tiba ke Indonesia. Disinilah diharapkan seorang guide yang paham perihal seluk-beluk geografi lokasi geowisata. 

Anda bisa menjadi professional guide dan menerima bayaran yang lumayan pastinya. Baca juga: Soal pendekatan geografi dan jawabannya