Blogger Jateng

Kondisi Geografi Wilayah Asia Tenggara

Asia Tenggara ialah salah satu kawasan yang berada di Benua Asia. Kawasan regional ini mampu menjadi kekuatan dunia jiga dikontrol dengan baik.

Negara-negara yang tergabung dalam daerah Asia Tenggara yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, Filipina, Laos, Myanmar, Kamboja, Vietnam dan Timor Leste. Lalu seperti apa geografi Asia Tenggara itu?.
1. Letak Astronomis Secara astronomis, Asia Tenggara berada di antara 28⁰ LU - 11⁰ LS dan 9⁰3 BT - 141⁰ BT. Berdasarkan letak astronomis tersebut maka daerah Asia Tenggara secara geografis memiliki batas dengan kawasan berikut: a. Bagian Utara mempunyai batas dengan India, Laut Cina Selatan dan Taiwan. b. Bagian Timur memiliki batas dengan Papua Nugini dan Samudera Pasifik. c. Bagian  Selatan berbatasan dengan Australia dan Samudera Hindia. d. Bagian Barat berbatasan dengan Teluk Benggala, Laut Andaman dan Samudera Hindia.
Asia Tenggara merupakan salah satu wilayah yang berada di Benua Asia Kondisi Geografi Wilayah Asia Tenggara
Peta negara ASEAN
2. Letak Geografis Berdasarkan letak geografis, Asia Tenggara berada diantara dua benua adalah Asia di utara dan Australia di selatan serta dua samudera ialah Hindia di barat dan Pasifik di timur. 

Dampak dari posisi geografis ini yakni Asia Tenggara mempunyai dua demam isu yakni hujan dan kemarau serta dipengaruhi sirkulasi angin muson. Selain itu angin kencang siklon kadang terjadi di batas utara dan selatan. 

Vietnam dan Filipina yaitu negara yang rawan topan siklon di Asia Tenggara. Baca juga: Faktor cuaca sebuah daerah
3. Letak Geologis Menurut letak geologinya, Asia Tenggara ialah kawasan yang dilalui dua jalur pegunungan muda yakni Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Dampaknya yaitu datangnya pegunungan api terutama disepanjang batas subduksi di selatan dan di utara.
4. Kondisi Iklim Asia Tenggara secara astronomis dilalui oleh garis khatulistiwa. Sebagian besar negara di Asia Tenggara beriklim tropis. Ciri iklim tropis yaitu suhu rata-rata tinggi sepanjang tahun (24-28⁰C), memiliki dua berita terkini, curah hujan tinggi, perbedaan suhu tidak terlampau ekstrim ketika kemarau dan hujan. 

Iklim tropis yang sebagian besar dimiliki oleh negara ASEAN ini menghipnotis kondisi flora dan fauna. Jenis hutan di Asia Tenggara didominiasi hutan tropis, sisanya sabana dan hutan trend.
Asia Tenggara merupakan salah satu wilayah yang berada di Benua Asia Kondisi Geografi Wilayah Asia Tenggara
Wisata ASEAN
5. Kondisi Penduduk Jumlah masyarakatAsia Tenggara pada 2005 berjumlah 558.778 juta jiwa. Jumlah itu meraih 15% dari seluruh populasi masyarakatAsia. Indonesia yakni negara Asia Tenggara dengan populasi terbanyak dan Brunei ialah yang paling sedikit. 

Penduduk Asia Tenggara berisikan banyak sekali suku bangsa seperti Melayu, Negrito, Lao Yao, Cina, India, Arab, Khmer dan Man, Tho,M uong, Vietnam.
6. Mata Pencaharian Mata pencaharian penduduk daerah Asia Tenggara beragam mulai dari pertanian, pertambangan, pariwisata, perdagangan dan perindustrian. Pertanian masih mendominasi di Asia Tenggara dengan produk utama mirip padi, jagung, buah-buahan, palawija, teh dan lainnya. 

Industri dan pariwisata sekarang menjadi sektor yang berkembang pesat di Asia Tenggara. Singapura menjadi salah satu negara yang menyebabkan pariwisata selaku leading sector sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke negeri tersebut.  
Gambar: disini