Blogger Jateng

Desain Denah Prasmanan Yang Baik

Suatu ajakan dengan jamuan makan sederhana lazimnya disebut prasmanan. Mengenai seruan yang disebut prasmanan hampir sama tapi ada bermacam-macam cara, lain tempat maka lain pula mengaturnya dan tata laksananya. 

Di Indonesia prasmanan paling banyak dipakai karena selain mudah, tidak terlampau merepotkan nyonya rumah dan menyuguhkannya juga tidak terlampau banyak alat-alat makan yang dipakai. Lalu seperti apa rancangan prasmanan yang baik itu?. 
Bentuk prasmanan ada dua macam, pertama ialah prasmanan yang betul-betul sederhana dan kedua lebih sedikit istimewa. 

Dalam jamuan prasmanan, ruangan yang dipergunakan untuk meletakan meja-meja hidangan semestinya diatur sedemikian rupa supaya tamu-tamu lebih mudah dan lebih singkat mengambil makanan. 
Dalam gambar di bawah terdapat 3 buah meja hidang untuk 6 baris. Piring-piring masakan sebaiknya diletakan secara kembar dengan kuliner yang sama. 

Selain tidak menyibukkan untuk cepat-cepat memperbesar kuliner sesudah diambil oleh tamu-tamu, juga orang tidak perlu antri lama menunggu giliran mengambil.
Suatu undangan dengan jamuan makan sederhana biasanya disebut prasmanan Desain Denah Prasmanan Yang Baik
Denah prasmanan yang bagus
Untuk menetralisir kesan bahwa cara makan prasmanan tidak seprti suguhan nasi rames,, pihak tuan rumah kadang harus sedikit mau berkorban tenaga anggapan demi tercapainya pesta acara yang berhasil. 

Setelah hidangan makan final seharusnya nyonya rumah menyediakan sajian penutup yang terdiri dari minuman buah-buahan yang dikirimkan kepada tamu. 
Dalam prasamanan umumacap kali sajian makan tersebut dilakukan satu kali jalan, orang-orang mengambil makanan kemudian minuman yang ditambahkan sebuah pisang, semangka, nanas atau lainnya. 

Tak heran sesudah program makan tersebut maka tamu eksklusif pulang. Waktu yang dipergunakan kurang dari 1 jam. Cara demikian telah pasti kurang memperlihatkan kesan bangga bagi para tamu maupun tuan rumah.
Hal lain yang mesti diperhatikan dikala menggelar prasmanan yakni cuaca. Seringkali saya mendapatkan program prasamana yang didalamnya terasa panas dan tidak menggairahkan untuk makan. 

Jadi usahakan sediakan anggaran untuk menyewa pendingin di aneka macam sudut ruangan kalau memang diprediksi tamu akan banyak sehingga suhu ruangan menjadi panas. Jika prasamanan dilaksanakan bukan di gedung di taman terbuka mungkin akan sedikit lain ceritanya.