Blogger Jateng

Zaman Prakambrium, Paleozoikum, Mesozoikum dan Kenozoikum

Bumi ini merupakan planet yang satu-satunya terdapat kehidupan kompleks. Kehidupan ini terbentuk semenjak jutaan tahun lalu.

Sebelum mampu dihuni insan, Bumi lewat banyak sekali zaman yakni Zaman Prakambrium, Paleozoikum, Mesozoikum dan Kenozoikum. 

Setelah Bumi ini lahir, materi-materi yang lebih berat menggumpal di dalam inti bumi, sementara kerak terdiri dari unsur silikon dan alumunium. Baca juga: Faktor Perubahan Iklim

Setelah lapisan tersebut menyusul lapisan yang agak dalam yakni silikon dan magnesium. Jauh di dalam lagi terdapat lapisan yang mengandung bagian senyawa logam sulfida. Bagian paling dalam adalah inti tersusun atas besi dan nikel. 

Bumi ini mengalami berbagai masa dan setiap masa punya ciri kehidupan masing-masing. Artinya bumi kita ini mengalam banyak sekali zaman hingga karenanya mampu ditinggali manusia. Berikut pertumbuhan zaman menurut skala geologi di Bumi:
1. Prakambrium Prakambrium ialah zaman tertua di bumi dan lapisan prakambrium senantiasa terdapat di bawah batuan yang mengandung fosil. 

Batuan prakambrium biasanya berhablur, baik yang berasal dari pembekuan magma atau peleburan dan penghabluran kembali sedimen-sedimen dan batu lainnya yang disebabkan oleh  perubahan kimia dan fisis pada sedimen-sedimen dan batuan beku. Baca juga: Teori apungan benua

Singkapan batuan prakambrium sungguh jarang didapatkan di Bumi dan hanya terbatas pada kawasan tertentu saja. Batuan prakambrium agak melingkr dan permukaannya sedikit cembung, maka inti prakambrium disebut perisai benua. 

Disekitar bab sentra perisai itu lapisan prakambrium tertutup oleh lapisan yang lebih muda dan makin jauh dari pusat maka semakin tebal. Berikut sebaran batuan prakambrium:
a. Grand Canyon Colorado, tampaklapisan di bagian bawah dan kian ke atas terdapat tumpukan sedimen yang makin gampang. b. Perisai Kanada di sekeliling Danau Besak. c. Perisai Fenoskandia di Finlandia. d. Perisai di Australia.
Penelitian geologi membutkrikan bahwa pada kurun pra kambrium tidak ditemukan bentuk kehidupan dan tidak ada fosil yang ditemukan lantaran bumi masih dalam abad pembentukkan permulaan.
 Kehidupan ini terbentuk sejak jutaan tahun lalu Zaman Prakambrium, Paleozoikum, Mesozoikum dan Kenozoikum
Batuan Pra Kambrium
2. Paleozoikum Paleozoikum terdiri dari 5 zaman yakni: a. Kambrium Pada zaman kambrium banyak didapatkan fosil dan pada umumnya kehidupan ditemukan di perairan laut contohnya archaecyatha, trilobita dan bakung laut. b. Silur Zaman Silur penyebaran fauna lebih luas dibanding zaman kambrium. Banyak kalangan hewan baru yakni yang terpenting ialah vertebrata (binatang bertulang belakang) dan graptalit yakni ciri fosil isyarat pada zaman Silur dan ialah kumpulan intan kecil yang dinamakan rabdosoma.  c. Devon Zaman ini memiliki ciri hadirnya flora-tanaman darat dan bintang-bintang bertulang belakang. Di bahari dijumpai binatang tidak bertulang belakang, mirip amronit. c. Karbon Zaman ini dintandai dengan timbulnya sejumlah besar karbon bebas di banyak sekali wilayah dinia. Karbon berperan selaku penunjuk kondisi cuaca iklim abad tersebut. Pada zaman ini terjadi pembentukkan pegunungan dan deposit kerikil bara. d. Perm Perm memilliki lapisan yang berada di atas karbon yang mengadung kerikil bara.
 Kehidupan ini terbentuk sejak jutaan tahun lalu Zaman Prakambrium, Paleozoikum, Mesozoikum dan Kenozoikum
Fosil Trilobit era Kambrium
3. Mesozoikum Mesozoikum terdiri dari Zaman Kapur (< 90 juta tahun), Jura (145 juta tahun) dan Trias (190 juta tahun). Ketiga zaman ini disebut kehidupan pertengahan dengan kondisi cuaca dan iklim panas dan basah. Tumbuhan berdaun lebar, hewan melata, amfibi, ikan dan binatangnya menyusui mulai hadir.
 Kehidupan ini terbentuk sejak jutaan tahun lalu Zaman Prakambrium, Paleozoikum, Mesozoikum dan Kenozoikum
Ilustrasi Zaman Trias
4. Kenozoikum Kenozoikum terbagi menjadi zaman tersier dan kuarter yang merupakan masa kehidupan terbaru. a. Zaman Tersier Zaman tersier, terbagi menjadi Zaman Eosen (70 tahun), Oligosen (42 juta tahun) dan Pleistosen (16 juta tahun). 

Pada zaman ini tanaman meningkat biak dan tumbuhan berbungan mulai muncul. Burung dan binatang menyusui mulai menyebar dimana-mana. Kondisi iklim tidak begitu beda dengan zaman sebelumnya. Baca juga: Perbedaan lokasi sewenang-wenang dan relatif
b. Zaman Kuarter Zaman kuarter terdiri dari Pleistosen (Diluvium) dan Holosen (Aluvium). Kedua kala tersebut usianya kurang lebih 2 juta tahun kemudian. Masa ini yaitu awal hidup manusia di dunia dengan munculnya insan purba. 

Kondisi iklim mulai bermacam-macam di aneka macam kawasan dan binatang-hewan mulai beranekaragam. Baca juga: Terbentuknya stalaktit dan stalagmit di gua kapur  
Gambar: disini, disini, disini, disini
 Kehidupan ini terbentuk sejak jutaan tahun lalu Zaman Prakambrium, Paleozoikum, Mesozoikum dan Kenozoikum
Mammoth periode zaman es tamat Pleistosen