Blogger Jateng

Perbedaan Ruang, Tempat dan Lokasi

Dalam geografi selalu kata 'ruang' menjadi suatu kata wajib dimengerti dan menjadi bahasan utama geografi. Sebenarnya apa sih ruang itu?. 

Apakah ruang itu absurd atau riil?. Jika absurd apakah cuma ada dalam khayalan atau mampu lebih konkrit dari itu, sedangkan jika riil maka ruang itu punya batas yang terang dan ciri-ciri yang berbeda antara ruang satu dengan ruang lainnya. 

Baca juga:
Rumus hitung episentrum gempa 
Indikator negara maju dan meningkat

Ruang (space) mampu mempunyai arti sangat sempit namun juga mampu sangat luas. Kita bisa membayangkan bahwa ruang cuma sesuatu yang hampa namun memakan kawasan atau yang terbayang cuma isi yang ada pada ruang tersebut. 

Semua benda memerlukan ruang  sehingga salah satu ciri membedakan benda yaitu luas ruang yang dibutukan oleh benda tersebut.

Dengan demikian ruang yaitu tempat untuk sebuah benda/acara atau bila kosong mampu diisi oleh benda/aktivitas.
 menjadi suatu kata wajib dipahami dan menjadi bahasan utama geografi Perbedaan Ruang, Tempat dan Lokasi
Ruang yakni identitas geografi
Dalam hal ini kata 'kawasan' ialah berdimensi tiga dan kata benda/kegiaran mempunyai arti semua tak terbatas. Kegunaan ruang menjadi terbatas kalau diberi ciri/huruf pemanis. 

Contohnya ruang kelas bermakna berisi benda atau program yag bekerjasama dengan aktivitas kelas, ruang tamu berisi benda untuk mendapatkan tamu, ruang tidur berisi benda untuk kebutuhan tidur dll. Tanpa ruang maka benda tidak akan ada disana. 

Baca juga:
6 Unsur cuaca dan iklim
5 Faktor kepadatan penduduk

Kamus Random House menulis space; a particular extent of surface. Artinya ruang bisa diartikan selaku daerah berdimensi tiga tanpa konotasi yang tegas atas batas dan lokasinya yang mampu memuat atau ditunjukan untuk memuat benda apa saja.

Sebenarnya ada tiga kata yang sering bisa dipertukarkan yaitu ruang, kawasan atau lokasi. Dari ketiga perumpamaan itu ruang yaitu yang bersifat biasa , tidak terikat oleh isi maupun lokasi. Baca juga: Batuan beku intrusif dan ekstrusif

Tempat atau place seringkali dikaitkan dengan keberadaan sebuah benda/acara yang sudah ada atau sering ada disitu. Lokasi terkait dengan posisi bila di permukaan bumi bisa diputuskan bujur dan lintangnya. 

Lokasi sering terkait dengan pinjaman nama atau aksara atau sesuatu kawasan sehingga mampu dibedakan lokasi satu dengan yang lain. Karena ruang mampu menyangkut apa saja yang membutuhkan daerah maka harus ada batasan tentang ruang yang jelas. 

Dalam hal ini ruang akan dikembangkan selaku daerah.  

Gambar: disini