Blogger Jateng

Peranan Cuaca Iklim Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kehidupan insan sungguh bergantung dengan kondisi cuaca dan iklim. Ada masyarakatyang pakaiannya tebal sebab cuacanya masbodoh, ada yang rumahnya tinggi karena rawan banjir dan yang lain. 

Cuaca iklim dalam skala kecil intinya mampu dimodifikasi dengan teknologi namun secara global kita tidak bisa melawan cuaca dan iklim. 

Berikut ini beberapa peranan cuaca dan iklim dalam kehidupan sehari-hari. Baca juga: Terbentuknya awan di langit
1. Bidang Pertanian Indonesia yakni negara agraris karena sebagian besar orangnya menggantungkan hidup di sektor pertanian. Cuaca dan iklim menjadi faktor yang mesti diperhatikan dalam menyebarkan usahan pertanian. 

Budidaya flora tertentu sungguh erat kaitannya dengan keadaan demam isu. Padi sangat baik ditanam di daerah bersuhu panas dengan curah hujan cukup. 

Sementara sayuran dan buah-buahan cocok di tempat dataran tinggi dengan suhu rendah yang intensitas hujan yang tidak tinggi dan tidak rendah. Baca juga: Soal SBMPTN 2014 Geografi dan jawabannya
Cuaca dan iklim juga berperan dalam usahan perkebunan dan perikanan. Umumnya para nelayan akan mengamati kondisi maritim, arah angin dan cuaca sebelum pergi melaut.

Nelayan juga tahu kapan waktu ikan-ikan berkumpul di suatu titik dengan melihat kondisi cuaca dan asumsi kalender bebuyutan. Gambar: disini
Petani bergantung pada cuaca iklim
2. Bidang Transportasi Cuaca dan iklim berperan dalam kegiatan transportasi. Suhu udara, keceaptan angin, awan sangat mensugesti kelancaran penerbangan. 

Transportasi maritim juga sangat bergantung pada kondisi cuaca iklim disekitarnya seperti tornado, angin, gelombang dan arus maritim. 

Mobilitas angkutandarat juga mampu terganggu jikalau keadaan cuaca jelek seperti topan salju dan banjir.
3. Bidang Telekomunikasi Dalam bidang telekomunikasi, cuaca iklim bisa menimbulkan aneka macam hal seperi  gangguan sinyal alasannya adalah angin matahari. Pohon tumbang juga mampu memutus kabel telekomunikasi. 

Adanya ionosfer di atmosfer juga menolong insan dalam mengantarsinyal radio. Baca juga: Faktor pergantian cuaca
4. Bidang Pariwisata Di bidang pariwisata cuaca iklim berperan dalam aneka macam acara seperti demam informasi liburan. Saat animo panas, banyak orang akan piknik isu terkini panas ke pantai atau ke gunung untuk camping. Kegiatan berselancar di pantai juga sungguh dipengaruhi oleh angin dan ombak yang elok.
5. Bidang Perdagangan Di bidang perdagangan kita pasti sering melihat fenomena ekspresi dominan buah. Ada buah yang melimpah dikala informasi terkini penghujan dan ada yang panen di lisan mayoritas kemarau. Hal tersebut mempengaruhi kepada harga jual di pasaran. 

Jika animo hujan, buah mangga akan makin mahal alasannya adalah belum panen raya sementara ketika info terkini kemarau harganya turun alasannya adalah masuk panen raya.  

Baca juga: Bedanya angin puting-beliung dan puting beliung