Blogger Jateng

Pengertian Demokrasi Menurut Ahli

Secara etimologi istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani 'demokratia' yang berisikan dua kata, adalah demos mempunyai arti rakyat dan kratein mempunyai arti kekuatan. 

Secara harfiah, demokrasi memiliki arti kekuatan rakyat atau suatu bentuk pemerintahan negara dengan rakyat selaku pemegang kedaulatan tertinggi. Dalam konteks budaya demokrasi nilai-nilai dan norma-norma yang menjadi panutan mampu diterapkan dalam praktik kehidupan demokrasi yang tidak hanya dalam pengertian politik saja namun dalam berbagai bidang kehidupan. 

Mohammad Hatta menyebut demokrasi selaku sebuah pergeseran dan penggantian kedaulatan raja menjadi kedaulatan rakyat.
Secara etimologi istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani  Pengertian Demokrasi Menurut Ahli
Demokrasi bersumber dari rakyat
Pandangan-persepsi wacana pengertian demokrasi telah banyak dikaji oleh para andal. Meskipun ada perbedaan tetapi prinsipnya tetap sama.
Abraham Lincoln Demokrasi yaitu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
Giovanni Sartori Memandang demokrasi sebagai suatu sistem dimana tak seorang pun dapat menentukan dirinya sendiri, tak seorang pun mampu mengindentifikasikan beliau dengan kekuasaannya, kemudian tidak bisa juga untuk merebut kekuasaan lain dengan cara-cara tak terbatas dan tanpa syarat.
Ensiklopedi Populer Politik Pembangunan Pancasila Demokrasi adalah sebuah acuan pemerintahan dalam mana kekuasaan untuk memerintah berasal dari mereka yang diperintah. Atau demokrasi yaitu teladan pemerintahan yang mengikutsertakan secara aktif semua anggota penduduk dalam keputusan yang diambil oleh mereka yang berwenang. 

Maka legitimasi pemerintah yaitu kemauan rakyat yang menentukan dan mengontrolnya. Rakyat menentukan wakil-wakilnya dengan bebas dan melalui mereka ini pemerintahannya. 

Disamping itu dalam negara dengan masyarakatjutaan para warga negara mengambil pecahan juga dalam pemerintahan lewat persetujuan dan kritik yang mampu diutarakan dengan bebas utamanya dalam media massa.
Dari pengertian demokrasi diatas dapat dipahami bahwa negara yang menganut sistem politik demokrasi senantiasi mengenang hasratdan keinginan rakyat. Kaprikornus setiap langkah-langkah dalam melakukan kekuasaan negara tidak bertentangan dengan hasratdan kepentingan rakyat dan sedapat mungkin berusaha memnuhi segala cita-cita rakyat.
Dalam metode demokrasi maka posisi rakyat sederajat dihadapan hukum dan pemerintahan. Rakyat memiliki kedaulatan yang sama baik itu potensi untuk menentukan ataupun diseleksi. Tidak ada pihak lain yang ebrhak mengontrol dirinya selain ia sendiri. 
Ciri utama metode demokrasi ialah a). tegaknya hukum di penduduk dan b). diakuinya hak-hak asasi manusia oleh setiap anggota penduduk tersebut. Demokrasi mampu terwujud alasannya adalah adanya proses yang dinamis dalam kehidupan rakyat yang berdaulat. 

Demokrasi tidak akan efektif dan lestari tanpa didukung partisipasi masyarakat. Demokrasi bukan hanya seputar politik namun juga jiwa kehidupan bangsa Indonesia.
Gambar: disini